facebook

Profil Bongbong Marcos Jr, Presiden Terpilih Filipina Anak Ferdinand Marcos Sang Diktator

Chyntia Sami Bhayangkara
Profil Bongbong Marcos Jr, Presiden Terpilih Filipina Anak Ferdinand Marcos Sang Diktator
profil Bongbong Marcos presiden terpilih filipina //@reuters

Sejumlah kontroversi Bongbong Marcos dan keluarga presiden terpilih Filipina ada di sini, termasuk profil Bongbong Marcos yang banyak dicari orang.

Suara.com - Bongbong Marcos merupakan julukan atau panggilan yang diberikan masyarakatn Filipina kepada Ferdinand Marcos Jr. Dia lahir dalam keluarga politikus, sehingga banyak yang tidak heran kalau  akhirnya dia masuk ke jalur politikus dan menjadi presiden terpilih di Filipina. Berikut profil Bongbong Marcos Jr.

Putra dari mantan presiden Filipina, Ferdinand Macros ini pernah menyatakan tidak berminat kepada dunia politik.  Apa yang terjadi padanya hingga akhirnya terpilih sebagai presiden? Silahkan baca dulu profil Bongbong Marcos presiden terpilih Filipina di bawah ini. 

Profil Bongbong Marcos Jr

Anda pasti tertarik kan dengan profil Bongbong Marcos Jr presiden terpilih Filipina yang ternyata merupakan putra diktator Filipina, Ferinand Marcos?

Baca Juga: Bagaimana Hubungan Filipina dengan AS dan China di Bawah Pemerintahan Bongbong?

Dilansir dari berbagai sumber, diketahui bahwa Bongbong Marcos Jr  pernah mengambil pendidikan di Universitas Oxford Inggris, jurusan Filsafat, Politik dan Ekonomi, namun tidak lulus.  Bongbong Marcos Jr juga sempat pindah sekolah di Wharton Business School di Amerika Serikat (AS), tapi juga tidak selesai. Maka, saat ini, Bongbong memiliki hanya ijazah SMA. 

Saat ayahnya, Ferdinand Marcos menjabat sebagai orang noor satu di Filipina, Bongbong terpilih menjadi wakil gubernur dan naik menjadi Gubernur di Provinsi Ilocos Norte, Filipina Utara. Dari tahun 1992 sampai 2016, Bongbong terpilih menjadi gubernur, anggota kongres, dan senator. 

Sedikit Rekam Jejak Pemerintahan Ferdinand Marcos

Pemilu Filipina 2022 in menarik perhatian dunia lantaran Bongbong Marcos Jr merupakan putra dari Feridinand Marcos yang dikenal sebagai diktator Filipina, ia berkuasa selama 21 tahun. Anda mungkin penasaran bagaimana pemerintahan Ferdinand Marcos, ayahnya berjalan. Berikut beberapa topik menarik yang berhasil dikumpulkan dari berbagai sumber.

Kekuasaan Ferdinan Marcos, ayah dari Bongbong Marcos dimulai pada 1965 ketika memenangkan pemilihan presiden dan menjadi presiden ke 10 di Filipina. Masa jabatan Ferdinand Marcos ditandai  dengan peningkatan industrialisasi dan pembentukan infrastruktur solid di seluruh negeri, seperti Jalan Ekspres Luzon Utaray dan Jalan Tol Maharlika. 

Baca Juga: Dinasti Pemimpin di Filipina: Mengapa Keluarga Marcos Begitu Kontroversial?

Meskipun demikian, The Washington Post pernah menyebut banyak kesalahan yang terjadi di masa pemerintahan Ferdinand Marcos, ayah Bongbong Marcos Jr ini.  Kesalahan itu merambah sampai ke "orang kuatnya" dan kader kroni-kroninya. Beberapa kesalahan itu misalnya:

Komentar