facebook

Kapan PPKM Indonesia Berakhir? Menko PMK: Kami Tinggal Tunggu Perintah Bapak Presiden

Agung Sandy Lesmana | Ria Rizki Nirmala Sari
Kapan PPKM Indonesia Berakhir? Menko PMK: Kami Tinggal Tunggu Perintah Bapak Presiden
Menko PMK RI Muhadjir Effendy. [Foto: Antara]

"Mengenai PPKM tentu saja dengan kondisi yang sudah semakin menurun ini kami tinggal menunggu perintah dari bapak presiden..."

Suara.com - Menteri Koordinator Pemberdayaan Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan bahwa nasib berakhirnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menunggu keputusan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Ia mengamini kalau pandemi Covid-19 juga terus mengalami penurunan.

"Mengenai PPKM tentu saja dengan kondisi (Covid-19) yang sudah semakin menurun ini, kami tinggal menunggu perintah dari bapak presiden. Insya Allah itu adalah akan dilakukan oleh bapak presiden," kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (24/5/2022).

Oleh karena itu, Muhadjir meminta masyarakat untuk sabar menunggu hingga Jokowi menyampaikan soal akhir dari kebijakan PPKM tersebut. Tidak lupa, ia juga meminta kepada masyarakat untuk tetap berusaha supaya kasus Covid-19 tidak lagi naik dalam waktu ke depan.

Terlebih sejauh ini pemerintah melihat enam variabel untuk penanganan Covid-19 menunjukkan hasil yang memuaskan. 

Baca Juga: Hasil Evaluasi Pemerintah Soal Mudik Lebaran 2022: Enam Indikator Tunjukkan Hasil Memuaskan

Enam parameter tersebut terdiri dari tata kelola lalu lintas, pengendalian Covid-19, bahan pangan, ketersediaan bahan bakar dan booster vaksin. Muhadjir menyebut kalau parameter itu menunjukkan hasil yang memuaskan setelah momen mudik Lebaran 2022 berlangsung.

Ia menerangkan kalau proses mudik juga tidak menghasilkan kenaikan kasus Covid-19. Justru kasus Covid-19 disebutkannya malah kian menurun.

"Alhamdulillah sampai sekarang juga Covid-19 tidak mengalami kenaikan yang cukup signifikan dan bahkan cenderung menurun."

Komentar