facebook

Sebut Jakarta Kota Global, Anies: Halte, Terminal, MRT Semua Berstandar Internasional

Bangun Santoso | Welly Hidayat
Sebut Jakarta Kota Global, Anies: Halte, Terminal, MRT Semua Berstandar Internasional
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyapa para warga Jakarta di acara puncak HUT ke-495 Jakarta di Jakarta Internasional Stadium (JIS) di Jakarta Pusat, Sabtu (25/6/2022). (Suara.com/Welly)

Tak hanya itu, Anies juga menyebut Jakarta memiliki JAKI, aplikasi pelayanan kota terbaik di Asia Tenggara

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Jakarta kini sudah memiliki sejumlah fasilitas kelas international. Hal itu disampaikan dalam perayaan puncak HUT Jakarta ke-495 bertemakan 'Kota Global, Kolaborasi, Akselerasi, dan Elevasi' di Jakarta Internasional Stadium atau JIS, Jakarta Utara, Sabtu (25/6/2022) malam.

"Kami sebut kota global karena sarananya adalah sarana berstandar internasional," ujar Anies, Sabtu (25/6/2022).

Anies memberikan alasan bahwa ketika orang datang ke Jakarta tentu akan menemukan berbagai ragam fasilitas internasional. Seperti trotoar hingga stadion olahraga.

"Ketika orang datang ke Jakarta dari berbagai belahan dunia, datang ke kota ini, maka akan menemukan stadionnya berstandar internasional. Lihat trotoarnya berstandar internasional, lihat pusat seni dan keseniannya berstandar internasional," papar Anies.

Baca Juga: Di Acara Puncak HUT DKI, Anies 'Pamer' Formula E Sukses: Jakarta Jadi Sorotan Dunia

"Menyaksikan halte, terminal, tempat pemberhentian, MRT-nya semua berstandar internasional. Ini adalah contoh kita memasuki kota global," sambungnya.

Selain itu, kata Anies, bahwa Jakarta yang kini merupakan kota global sudah memanfaatkan digitalisasi. Salah satunya seperti pemanfaatan aplikasi JAKI.

"Semua yang hadir di tempat ini rasanya pasti tahu aplikasi JAKI, anda daftar ke sini pakai JAKI bukan? Ini adalah sebuah aplikasi pemanfaatan digital, super apps yang bukan hanya terbaik, tapi ini juga dinobatkan sebagai super apps pelayanan kota terbaik di Asia Tenggara," imbuhnya.

Dalam acara puncak ulang tahun Jakarta kali ini, banyak sekali para bintang tamu mengisi acara untuk menghibur warga yang hadir di Jakarta Internasional Stadium. Di antaranya yakni Band Wali; Band Padi Rebornn; dan Band Ungu. Kemudian ada Reza Artamevina dan banyak lainnya.

Adapula ucapan ultah DKI Jakarta dari para tokoh yang ditampilkan dari layar. Seperti Mendag Zulkifli Hasan; Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno; Mantan Gubernur DKI, Sutiyoso; dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Baca Juga: Sukses Gelar Formula E dan Punya Stadion JIS, Anies Deklarasikan Jakarta Sebagai Kota Global

Kemudian, ucapan pula dari mantan Wakil Gubernur Era Kepemimpinan Basuki Tjahja Purnama atau Ahok, Djarot Saifullah.

Komentar