Profil Komjen Agus Andrianto, Kabareskrim Polri yang Bantah Pengakuan Bharada E Karena Peran Pengacara

Ruth Meliana Dwi Indriani
Profil Komjen Agus Andrianto, Kabareskrim Polri yang Bantah Pengakuan Bharada E Karena Peran Pengacara
Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto. [ANTARA/Laily Rahmawaty]

Kabaraskrim Polri Komjen Agus Andrianto bantah Bharada E berani mengaku berkat peran pengacaranya. Baginya, pengakuan tersebut adalah buah dari keterlibatan tim penyidik.

Suara.com - Pengakuan Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E terhadap kasus kematian Brigadir J kini membuka babak baru dan mengungkap nama-nama tersangka lain yang terlibat.

Adapun publik menilai bahwa pengakuan tersebut merupakan jerih payah kinerja dari mantan pengacara Bharada E, Deolipa Yumara. Bahkan, sosok Menkopolhukam Mahfud MD memberikan pujian kepada Deolipa yang kini kuasanya telah dicabut Bharada E.

Sayangnya, hal tersebut dibantah oleh sosok Kepala Bareskrim (Kabareskrim) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto. Baginya, Bharada E berani mengaku bukan karena kehadiran pengacaranya, melainkan berkat para tim penyidik.

“Bukan karena pengacara itu dia (Bharada E) mengaku, karena apa yang dilakukan oleh penyidik, apa yang dilakukan oleh tim khusus,” tutur Agus kepada awak media di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (9/8/2022) malam.

Baca Juga: Perkembangan Kasus Penembakan Brigadir J, Tim Khusus Kapolri Segera Limpahkan Berkas Perkara ke JPU

Berkat pernyataannya, kini sosok Kabareskrim Polri tersebut menyita perhatian publik yang ingin menggali lebih dalam profil dan rekam jejak kariernya.

Berikut profil Komjen Agus Andrianto , Kabareskrim Polri yang bantah pengakuan Bharada E berkat pengacaranya.

Pati Polri kelahiran Blora

Komjen Agus Andrianto lahir 16 Februari 1967 di Blora, Jawa Tengah. 

Sosok Perwira Tinggi (Pati) Polri tersebut kini menikah dengan seorang perempuan bernama Evi Celiyanti.

Baca Juga: 4 Kebohongan Ferdy Sambo Mengenai Kematian Brigadir J, Akhirnya Terungkap!

Lulusan Akpol hingga melalang buana di berbagai Provinsi

Komjen Agus memulai kariernya sebagai anggota kepolisian dengan menempuh pendidikan di Akademi Kepolisian dan lulus pada 1989 silam. 

Ia juga menempuh pendidikan kepolisian di berbagai instansi lain seperti Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (1995), Sekolah Staf dan Pimpinan Lemdiklat Polri, hingga SESPIMTI (2012).

Usai lulus Akpol, Komjen Agus melalang buana di berbagai instansi kepolisian yang tersebar di berbagai provinsi. Salah satu di antaranya, ia bertugas di Polres Dairi, Sumatera Utara sebagai Pamapta pada 1990 silam.

Dua tahun setelah itu, Komjen Agus diangkat sebagai Kapolsek Sumbul, Sumatera Utara.

Tak hanya di kepolisian, Pati Polri asal Blora tersebut sempat menjabat sebagai Dirpsikotropika dan Prekursor Deputi Bidang Pemberantasan BNN tahun 2015.

Ia kemudian kembali bertugas di Polri pada 2016 dan menjabat sebagai Dirtipidum Bareskrim Polri. Sejak saat itu, kariernya semakin melejit dengan segudang jabatan seperti Wakapolda Sumut tahun 2017 hingga Kapolda Sumut tahun 2018-2019.

Jadi Kabareskrim gantikan Listyo Sigit

Sebelum menjabat sebagai Kabareskrim Polri, Komjen Agus menjabat sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri  2019 – 2021.

Usai jabatan Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo jabatannya sebagai Kabareskrim Polri berakhir pada 18 Februari 2021, Komjen Agus menggantikan sosok yang kini menjadi Kapolri itu.

Kontributor : Armand Ilham

Komentar