facebook

Mobil Mendadak Overheat, Jangan Langsung Buka Kap Mesin

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Mobil Mendadak Overheat, Jangan Langsung Buka Kap Mesin
Ilustrasi radiator mobil kepanasandalam peristiwa overheating [Shutterstock].

Meski kondisi overheat artinya kepanasan, tunggu terlebih dahulu buka kap mesin. Bisa timbulkan cedera.

Suara.com - Overheating atau overheat, sederhananya adalah pemakaian mobil secara terus-menerus melebihi durasi rata-rata sehingga membuat mesin panas di atas kondisi seharusnya. Hal ini menjadi bagian tak terpisahkan dari aktivitas mengemudi.

BIla terjadi overheating, buka kap mesin [Shutterstock].
Bila terjadi overheating, buka kap mesin perlahan. Tunggu suhu menurun  [Shutterstock].

Terlebih bila si kendaraan roda empat sudah berusia lebih dari lima tahun. Potensi mengalami overheat terbilang cukup besar. Sebab, semakin lama komponen mobil digunakan, kualitasnya akan terus mengalami penurunan.

Lalu bagaimana cara mengatasinya ketika mobil mengalami overheat?

Deni Andrian, Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong menjelaskan, penanganan utama adalah segera membawa mobil ke tempat yang cukup aman.

Baca Juga: Boncengan Naik Skutik, Kang Emil Serasa Pengantin Kawin Lari

Selanjutnya, matikan mesin dan jangan coba hidupkan kembali. Kemudian, buka kap mesin dan cek kondisi air di radiator.

Apabila habis, bisa disimak bahwa inilah salah satu penyebab terjadinya overheat. Mungkin ada kipas atau dinamo yang tidak berfungsi sehingga mengakibatkan overheat.

"Namun kap mesin jangan langsung dibuka, tunggu beberapa menit karena panas. Jika langsung dibuka, khawatir air yang ada di radiator bisa membuat cedera," ujar Deni Andrian beberapa waktu lalu.

Setelah dipastikan diketahui penyebabnya, maka usahakan isi lagi air radiator sampai penuh. Apabila tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan sampai ke bengkel terdekat, maka sebaiknya jangan dipaksa.

"Kalau dipaksa bisa berbahaya, komponen yang rusak menjadi lebih banyak lagi dari itu. Jadi sebaiknya jangan dipaksa, dan langsung dibawa saja ke bengkel resmi," tandas Deni Andrian.

Baca Juga: Telah Wafat Lee Iacocca, Penyelamat Chrysler

Komentar