Liputan Khas

KHAS adalah sajian beragam artikel dengan topik-topik menarik hasil liputan khusus/khas dari tim redaksi Suara.com.

Jadi Kendaraan Touring, Begini Tips Merawat Honda C70 ala Pitung Rangers

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita
Jadi Kendaraan Touring, Begini Tips Merawat Honda C70 ala Pitung Rangers
Motor Pitung Rangers, para petualang Honda C70 asal Yogyakarta. (Suara.com/Husna Rahmayunita)

Tidak ada perlakukan khusus sama seperti kendaraan lainnya.

Suara.com - Di tengah gempuran kehadiran produk baru, pecinta motor klasik tetap banyak jumlahnya. Menariknya, di Yogyakarta ada sekelompok pecinta motor Honda C70 alias pitung yang menyebut diri sebagai Pitung Rangers.

Kelompok yang terdiri dari enam orang itu memiliki kendaraan pitung berwarna-warni mirip dengan warna anggota Power Rangers. Mereka pun memiliki hobi yang ekstrem yaitu touring keliling kota Yogyakarta dan kota-kota lainnya dengan motor pitung sembari mencari pemandangan-pemandangan indah untuk berfoto.

Sebagai motor touring, tentunya mereka telah merombak bagian mesin kendaraan agar lebih prima. Tapi kalau soal penampilan, bentuk asli Honda C70 tetap dipertahankan, hanya warnanya saja yang sengaja dibuat bervariasi.

Selain itu motor anggota Pitung Rangers yang sejatinya sudah ikonik kian tampak kinclong dan terawat berkat sentuhan anggota Pitung Rangers. Tak sekadar unggul tampilan, motor itu pun bisa dijadikan kendaraan touring yang tangguh.

Namun begitu, Andreas selaku ketua dari Pitung Rangers mengungkapkan kalau tidak ada perlakukan khusus dalam merawat pitung agar bisa digunakan sebagai kendaraan touring.

“Tidak ada perlakuan khusus, tapi yang jelas motor Honda C70 wajib untuk dicuci biar terlihat bersih dan enak dipandang,” ungkapnya saat ditemui di Jalan Mangkubumi, Tugu, Yogyakarta belum lama ini.

Pitung Rangers, para petualang Honda C70 asal Yogyakarta. (Instagram/@pitung_rangers)
Pitung Rangers touring ke Gunung Bromo. (Instagram/@pitung_rangers)

Sementara saat digunakan untuk touring ke berbagai kota seperti Bandung, Surabaya dan Madura, para anggota Pitung Rangers tentu wajib mengecek kondisi motor sebelum berangkat. Semua komponen harus dipastikan oke. Tapi untuk antisipasi, tidak ada salahnya membawa peralatan motor sepanjang perjalanan.

“Yang penting bensinnya ada dan oli harus rajin ganti. Selain itu, tekanan ban, rantai  dan sistem kelistrikan seperti lampu juga harus dipastikan berfungsi dengan baik. Paling saat perjalanan, juga harus membawa peralatan untuk berjaga-jaga semisal ada apa-apa,” terang Bayu, salah satu anggota Pitung Rangers.

Berbekal tips simpel tersebut, beruntungnya Pitung Rangers sampai sekarang tidak pernah mengalami rusak mesin saat melakukan touring dan traveling di berbagai kota.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS