Rahasiakan Data Pribadi, Bos Tesla Biasa Hancurkan Smartphone

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Rahasiakan Data Pribadi, Bos Tesla Biasa Hancurkan Smartphone
Elon Musk dan Talullah Riley dalam suatu acara gala di Los Angeles [Shutterstock].

Mungkin bisa disebut berlebihan, namun tindakan bos Tesla ini memiliki nilai positif.

Suara.com - Sebagai seorang Chief Executive Officer (CEO) Elon Musk yang menakhodai Tesla Incorporation adalah sosok unik. Ada saja tingkah polahnya.

Seperti keinginan membuat kapal selam mini dalam misi penyelamatan tim sepakbola remaja Thailand saat terjebak sistem gua dan sungai bawah tanah, lantas mencela tindakan diver atau penyelam kondang Britania Raya penyelamat mereka. Atau kebiasaan  meminta anak buahnya bekerja habis-habisan menyelesaikan lini produksi, gemar berkicau urusan kantor di media sosial dan kini ada satu hal baru lagi.

Kapal selam mini yang dirancang Elon Musk untuk menyelamatkan belasan remaja yang terperangkap di dalam sebuah gua di Thailand. [Twitter/Elon Musk]
Kapal selam mini yang dirancang Elon Musk untuk menyelamatkan belasan remaja yang terperangkap di dalam sebuah gua di Thailand. [Twitter/Elon Musk]

Lelaki kelahiran Afrika Selatan yang mengantongi perizinan kerja di Amerika Serikat dan Kanada ini rupanya mempunyai kebiasaan menghancurkan perangkat smartphone!

Akan tetapi, ada alasan khusus di balik hobi nyeleneh itu. Elon Musk harus melakukan hal ini demi menjaga keamanan privasinya.

Kebiasaan Elon Musk tadi terungkap setelah seorang karyawan mengungkap perilaku yang memang dilakukan secara sistematis.

"Untuk tujuan keamanan, Elon Musk secara teratur mengganti perangkat selulernya. Device lamanya dihapus bersih, lalu dihancurkan," demikian dilansir dari Business Insider.

Tindakan Elon Musk terkait keamanan mobile belakangan terungkap berkat dokumen legal terbaru sebagai buntut dari perseteruannya dengan mantan seorang penyelam. Tak lain adalah Vernon Unsworth asal Britania Raya tadi, yang membantu evakuasi tim sepakbola remaja Thailand saat terjebak dalam sistem gua dan sungai bawah tanah.

Vernon Unsworth telah menggugat Elon Musk karena dianggap melakukan pencemaran nama baik.

Mengomentari kebiasaan bos Tesla ini, Maya Levine, Security Engineer perusahaan riset CheckPoint mengatakan setidaknya ada hal positif dari kebiasaan Elon Musk.

"Dalam hal keamanan, kebiasaan itu bukan ide buruk untuk memastikan ponsel Anda, terutama jika berkualifikasi seorang tokoh publik seperti Elon Musk. Lihat saja apa yang terjadi pada Jeff Bezos saat teleponnya diretas dan beberapa foto bocor," katanya kepada Mail Online.

Maya Levine mengatakan, kebiasaan Elon Musk jauh berbeda dari orang kebanyakan. Mengalihkan ponsel akan menghilangkan malware apa pun yang diinstal pada perangkat tertentu.

"Namun, bukan berarti menyelesaikan apa pun dalam hal serangan pengambilalihan akun, di mana hacker atau peretas mendapatkan akses kredensial dan informasi login Anda," tutup Maya Levine.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS