Saga Anniversary Edition, Warna Kuning Jadi Aksen Cat Hitam

RR Ukirsari Manggalani
Saga Anniversary Edition, Warna Kuning Jadi Aksen Cat Hitam
Tampak haluan dari Proton Saga Anniversary Edition [Proton via ANTARA News].

Selain tampilan penuh gaya, pembeli Proton Saga Anniversary Edition bisa memilih paket after market untuk tampilan seru.

Suara.com - Telah eksis dalam lini produksi selama 35 tahun, Proton Saga digarap beda untuk menyambut ulang tahunnya yang jatuh pekan lalu (9/7/2020). Dikutip dari kantor berita Antara, perusahaan otomotif Malaysia, Proton Holding Bhd merayakan hari jadi sedan Saga ke-35 tahun dengan cara menghadirkannya dalam format edisi khusus.

Bertajuk "Saga Anniversary Edition", produksi khusus ini meluncur sebanyak 1.100 unit saja.  Dan pertama kali muncul di pasar otomotif pada 1985, produksi Proton Saga hingga kini mencapai 4.150.035 unit.

Saga Anniversary Edition, dari Proton Saga [Proton, via ANTARA News].
Saga Anniversary Edition, dari Proton Saga [Proton, via ANTARA News].

"9 Juli 1985 menjadi saat paling bermakna buat Malaysia, yaitu meluncurkan Proton Saga yang mengibarkan nama negara kami di pentas dunia," kata Roslan Abdullah, Direktur Eksekutif Proton Edar melalui media sosial, saat menyambut ulang tahun, pada Kamis (9/7/2020).

"Saga Anniversary Edition adalah hadiah khusus untuk momen spesial bagi semua masyarakat Malaysia. Ini adalah cara mengucapkan terima kasih karena telah mendukung Saga selama 35 tahun," papar Dr Li Chunrong, Chief Executive Officer (CEO) Proton siaran pers, pada Jumat lalu (10/7/2020).

"Peminat bisa memesannya hari ini dengan mengunjungi ruang pamer kami atau memesannya secara online," lanjutnya.

Sedangkan Datuk Sri Syed Faisal Albar, Dirut Proton, turut menambahkan bahwa sejak 35 tahun yang lalu Proton menjadi katalisator industri perekonomian negara dan memacu perkembangan keseluruhan ekosistem pembuatan otomotif di Malaysia.

"Pada hari ini 35 tahun yang lalu, Proton Saga pertama kali meluncur dari pabrik kami di Shah Alam, sekaligus menjadikan Malaysia di antara negara yang berkemampuan untuk menghasilkan mobil lokal," tukasnya.

Dengan dibatasi hanya 1.100 unit, Proton Saga edisi ulang tahun ini dijual seharga RM39,300 atau sekitar Rp131 juta, dikurangi potongan pajak penjualan.

"Model khusus ini hadir dalam warna hitam eksklusif dan lampu kuning di bagian bawah grille penutup spion samping serta jalur pada kemasan diffuser bumper belakang," tambah Dr Li Chunrong.

Salah satu poin khusus dari produk ulang tahun ini adalah cat hitam serta aksen kuning. Dikutip dari Paultan, Saga Anniversary Edition (AE) di kalangan pabriknya dikenal sebagai "Black Edition". Spesifikasinya  termasuk dalam top range Proton Saga.  Menggunakan cat warna Quartz Black, hasilnya berbeda dari cat hitam kebanyakan.

Dan tak kalah menarik adalah aksen kuning berupa strip pada spion, area grille, buritan serta sisi samping.  Yang menjadi referensi adalah produk sport  Proton R3.

Aksen warna kuning ini juga dihadirkan di sektor interior, pada ventilasi udara tengah yang dapat disetel. Lantas kabin juga digarap eksklusif, tepatnya area panel konsol tengah serta instrumen. Kemudian mendukung unsur higienis, terdapat saringan udara kabin dengan standard N95 seperti diterapkan pada Proton X70.

"Untuk menambah nilai keren Proton Saga edisi ulang tahun ini, hadir paket aksesori ulang tahun untuk sarana modifikasi sesuai selera pribadi," imbuh Dr Li Chunrong.

Adapun paket aksesori after market meliputi front skirting, fender, door guard, sampai hood insulation liners dan back bonnet tray.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS