Anak Perusahaan GM Dapat Izin Lakukan Uji Jalan Mobil Nirawak

Liberty Jemadu | Manuel Jeghesta Nainggolan
Anak Perusahaan GM Dapat Izin Lakukan Uji Jalan Mobil Nirawak
Ilustrasi mobil nirawak (Shutterstock).

Cruise, anak usaha GM, telah menguji 180 mobil nirawak di San Francisco dengan safety driver di belakang kemudi.

Suara.com - Anak perusahaan General Motors (GM), Cruise mendapat izin untuk menguji mobil nirawak dari Departemen Kendaraan Bermotor California di jalanana San Francisco, Amerika Serikat.

Cruise telah menguji 180 mobil nirawak di San Francisco dengan safety driver di belakang kemudi. Izin yang didapat memungkinkan lima dari mobil tersebut berkeliaran dalam keadaan benar-benar kosong.

"Kami bukan perusahaan pertama yang menerima izin ini, tetapi kami akan menjadi yang pertama menggunakannya di jalan-jalan kota besar AS," kata Dan Ammann, Kepala Eksekutif Cruise, dikutip dari Techcrunch.

Dengan sudah mengantongi izin dari pemerintah terkait, mobil racikan Cruise dapat pergi ke mana saja di jalan San Francisco dengan kecepatan maksimum 30 mil per jam, dan dapat mengemudi baik siang maupun malam hari.

Baca Juga: Serba Keren, Ini 10 Koleksi Motor Istimewa Milik Tom Cruise

Cruise menggunakan armada kendaraan listrik-baterai khusus berdasarkan Chevy Bolt yang telah terhubung dengan serangkaian sensor. Awal tahun ini, Cruise rencananya akan meluncurkan mobil antar jemput otonom yang diharapkan dapat digunakan sebagai angkutan publik keliling kota.

Selain Cruise, beberapa perusahaan kendaraan otonom lainnya juga sudah lebih dulu memdapatkan izin. Perusahaan tersebut adalah Alphabet Inc, Nuro Inc, AutoX Technologies, Zoox dan Waymo LLC.Sementara Waymo sepertinya akan bergerak lebih cepat.

Pasalnya perusahaan telah mengumumkan akan memulai perjalanan tanpa awak untuk sekelompok pelanggan terpilih di Phoenix, Arizona.

Komentar