alexametrics

Cara Merawat Cat Sepeda Motor Warna Doff Agar Tidak Cepat Kusam

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Cara Merawat Cat Sepeda Motor Warna Doff Agar Tidak Cepat Kusam
Tips mencuci motor warna doff, hindari panas matahari agar cat body bertahan bagus. Sebagai ilustrasi [Envato Elements/fxquadro].

Sepeda motor yang dimiliki bercat tidak mengilap atau jenis doff? Jangan salah perawatan. Ini tipsnya.

Suara.com - Cat dengan warna doff belakangan menjadi tren di kalangan pengguna sepeda motor. Tidak hanya melakukan modifikisi sendiri, pabrikan sepeda motor saat ini juga menawarkan banyak pilihan warna doff untuk produk mereka.

Perlu mendapat perhatian, cara merawat sepeda motor dalam balutan cat doff diandingkan model biasa tentu saja berbeda. Pasalnya karakter cat doff sebenarya berbeda dibandingkan cat metalik.

Seperti dikutip dari laman Deltalube, bannyak pemilik yang melakukan perawatan memoles body motor ketika habis dicuci. Dengan melakukan hal ini bodi motor bisa berubah dari doff jadi glossy (mengilap).

Hal ini tentunya perlu dihindari agar penampilan motor tidak berubah. Selain itu, warna doff juga bisa terlihat memudar dan kusam jika sering terjemur matahari.

Baca Juga: Jaga Tempat Duduk Sepeda Motor Tidak Getas, Caranya Sungguh Mudah

Perhatikan bagian blok mesin saat dicuci. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Perhatikan cara membersihkan dan mengelap catt doff. Terlalu keras malahan jadi glossy atau mengilap Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Jadi merawat body motor berwarna doff memang perlu dilakukan dengan hati-hati dan perlu perhatian lebih.

Berikut adalah tips merawat sepeda motor cat doff:

  • Untuk mencuci motor dengan cat doff, hindari penggunaan sabun yang mengandung deterjen karena memiliki sifat asam sehingga bisa membuat cat dua kali lebih cepat memudar dibandingkan motor dengan cat jenis metalik.
  • Gunakan sabun yang memiliki pH atau derajat keasaman mendekati netral, yaitu pH7. Karena umumnya, cat doff tidak terlapisi pernis maka memang mudah pudar. Penggunaan sampo khusus kendaraan dengan pH netral sangatlah membantu.
  • Selain itu, penggunaan alat pembersih juga perlu perhatian. Gunakan kain microfiber dan spons yang lembut saat mencuci agar tidak menimbulkan baret di body motor. Karena jika body baret akibat bergesekan dengan kotoran yang keras, justru terlihat mengilap.
  • Hindari pula mencuci motor di bawah sinar matahari langsung, agar cat tidak lekas pudar.
  • Ketika body motor ada noda atau bercak, untuk membersihkannya bisa menggunakan waterspot remover. Dengan menyemprotkan cairan itu, seka body motor secara perlahan dan butuh sedikit penekanan hingga noda hilang.

Komentar