alexametrics

Toyota Indonesia Donasikan Rp1,55 Miliar, Bantu Pemerintah RI Menangani Covid-19

RR Ukirsari Manggalani
Toyota Indonesia Donasikan Rp1,55 Miliar, Bantu Pemerintah RI Menangani Covid-19
Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono menyerahkan Kijang Innova Ambulans ke Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Sebagai ilustrasi ambulans Toyota Indonsia [Dok TMMIN]

Toyota Indonesia berdonasi sejak 2020, dan terus ikut serta dalam pemulihan dari pandemi virus Corona.

Suara.com - Sejak outbreak pandemi Covid-19 di Tanah Air, Toyota Indonesia memberikan donasi kepada Pemerintah RI untuk upaya penanganan. Bentuknya beragam, mulai kegiatan preventif maupun penanganan di masyarakat. Antara lain pengadaan ambulans, Alat Pelindung Diri (APD), suplemen, sampai percepatan vaksinasi.

Dikutip dari kantor berita Antara, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda menyatakan Toyota Indonesia melihat situasi yang bergerak dinamis, sehingga bantuan cepat tanggap untuk disalurkan turut berkembang menyesuaikan kebutuhan.

"Seperti yang kita ketahui bersama, oksigen saat ini menjadi salah satu barang yang sulit didapatkan, sehingga kami ingin bisa bantu dalam hal ini. Kami berharap donasi cepat tanggap Toyota Indonesia bisa turut membantu penanganan di berbagai rumah sakit yang mempunyai keterbatasan sarana dan prasarana dalam merawat pasien Covid-19 yang melebihi kapasitas," jelas Susumu Matsuda melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (20/7/2021).

Donasi bantuan cepat tanggap senilai Rp 1,55 miliar berupa 300 tabung oksigen dan sarana & prasarana penanganan pasien COVID-19 di 6 rumah sakit [ANTARA/HO-TAM].
Donasi bantuan cepat tanggap senilai Rp 1,55 miliar berupa 300 tabung oksigen dan sarana & prasarana penanganan pasien COVID-19 di 6 rumah sakit [ANTARA/HO-TAM].

Bekerja sama dengan Yayasan Benih Baik, donasi cepat tanggap Toyota kali ini antara lain berupa 300 tabung oksigen (1.800 m3), portable bed, oximeter, paket APD level 3 (baju hazmat, masker medis, sarung tangan, dan sebagainya), serta vitamin dan suplemen penguat imunitas tubuh dengan total bantuan senilai Rp1,55 miliar.

Baca Juga: Lampaui Honda City, di Negara Ini Toyota Yaris Jadi Hatchback Terlaris

Bantuan itu disalurkan ke enam rumah sakit, yaitu:

  • RS Tjipto Mangunkusumo dan RSUD Tugu Koja (Jabodetabek)
  • RSUD Kota Bandung dan RS UI Depok (Jawa Barat)
  • RSUP Dr Kariadi (Jawa Tengah)
  • RS Dr Sardjito (DI Yogyakarta).

Selain itu ada bantuan mobilitas bagi para tenaga kesehatan di RS UI Depok, yang akan memudahkan mereka dalam penanganan pasien Covid-19.

Toyota Indonesia juga melahirkan program Toyota Ada Untuk Anda mulai 2020, sebagai wujud empati, keprihatinan dan duka cita yang mendalam untuk semua pihak yang kehilangan keluarga dan kerabat akibat Covid-19. Juga bentuk apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang terus berjuang untuk melakukan pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19 baik pemerintah, tenaga kesehatan, dan pihak-pihak lainnya.

Bentuk program ini antara lain penerapan pola kerja Work From Home (WFH), protokol kesehatan yang ketat, dan pelaksanaan vaksinasi pada karyawan Toyota Indonesia dan keluarganya.

"Sejalan dengan semangat Toyota Berbagi, Toyota selalu berupaya untuk memberikan kontribusi positif bagi negara dan masyarakat Indonesia, salah satunya melalui Program Toyota Ada Untuk Anda. Melalui program ini, kami berharap dapat membantu upaya pencegahan dan penanganan Covid-19," jelas Wakil Presdir PT TAM, Henry Tanoto.

Baca Juga: Mobil Terlaris di Pasar Nasional Juni: Ada Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Dan sejak tahun lalu, Toyota Indonesia menyalurkan berbagai bantuan cepat tanggap dan dukungan mobilitas yang bertujuan untuk membantu para tenaga kesehatan dalam menjalankan tugas menangani Covid-19 di awal pandemi, terdiri dari:

  • Donasi APD yang terdiri dari baju hazmat, sarung tangan, masker medis, pelindung sepatu, face shield, vitamin dan suplemen, yang didistribusikan ke berbagai rumah sakit di seluruh Indonesia yang berada di bawah naungan Kementerian Kesehatan.
  • Unit ambulance berupa Toyota Kijang Innova yang dilengkapi peralatan kesehatan di dalam kendaraan yang diperuntukkan bagi Dinas Kesehatan Papua.
  • Layanan antar jemput para tenaga kesehatan dari tempat tinggalnya ke rumah sakit yang melayani delapan rumah sakit di Jakarta, Bandung, dan Makassar.
  • Bekerja sama dengan Toyota Mobility Foundation (TMF) Jepang untuk mendukung proses pengambilan sampel PCR dari sejumlah puskesmas dan RS di Jakarta Utara ke Labkesda Jakarta Utara.
  • Kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam penyediaan unit Toyota Dyna untuk tujuan mobil penyemprotan disinfektan ke berbagai tempat di wilayah Jabodetabek, donasi APD untuk tenaga kesehatan PMI yang terdiri dari baju hazmat, sarung tangan, masker medis, pelindung sepatu, face shields, vitamin dan suplemen, pelayanan antar jemput nakes PMI dari tempat tinggal ke RS PMI Bogor, serta ambulans untuk PMI Pusat.
  • Toyota bersama jaringan outlet di seluruh Indonesia, mendistribusikan paket kebutuhan pokok antara lain berisi beras, gula, dan minyak goreng serta peralatan pencegahan Covid-19 seperti hand sanitizer, masker kain, dan sabun cuci tangan, dan lain-lain.
  • Kebutuhan bagi para konsumen atau pelanggan dihadirkan lewat penguatan layanan berbasis digital (chatbot Toyota dan mTOYOTA), layanan langsung ke rumah (Toyota Mobile Service, Pickup Delivery), serta menghadirkan kemudahan bagi pelanggan dalam membeli dan melakukan perawatan kendaraannya (Virtual Expo, Live Showroom, Halobeng).

Komentar