alexametrics

Mobil Swakemudi Toyota e-Palette Menabrak Pejalan Kaki, Akio Toyoda Meminta Maaf

RR Ukirsari Manggalani
Mobil Swakemudi Toyota e-Palette Menabrak Pejalan Kaki, Akio Toyoda Meminta Maaf
Saat penyempurnaan Toyota e-Palette diundang pemain bola basket serta atlet pengguna kursi roda, agar didapat umpan balik yang realistis [Toyota.co.jp]

Dalam penyelenggaraan Paralympic Tokyo 2020, mobil listrik otonom Tokyo ini menabrak pengguna jalan di kampung atlet.

Suara.com - Toyota Motor Corporation pada Jumat (27/8/2021) menyatakan bahwa mereka telah menangguhkan semua pod transportasi kendaraan otonom e-Palette di kampung atlet Paralimpiade Tokyo 2020. Keputusan ini diambil setelah terjadi tabrakan yang melukai pejalan kaki dengan gangguan penglihatan. Demikian dikutip dari kantor berita Antara.

Dalam sebuah video YouTube, Kepala Eksekutif Toyota, Akio Toyoda meminta maaf atas kecelakaan ini.

"Kendaraan lebih kuat dari tenaga manusia, jadi saya jelas khawatir tentang kondisi mereka," kata Toyoda-san menjawab pertanyaan tentang peristiwa tabrakan itu, sebagaimana dikutip kantor berita Antara dari Reuters, Sabtu (28/8/2021).

Toyota e-Palette memulai debutnya di Tokyo Motor Show 2019 [Toyota.co.jp]
Toyota e-Palette memulai debutnya di Tokyo Motor Show 2019 [Toyota.co.jp]

Akio Toyoda mengatakan kecelakaan itu menunjukkan adanya kesulitan bagi kendaraan otonom untuk beroperasi dalam keadaan seperti di kampung atlet selama Paralimpiade, di mana terdapat penyandang tunanetra atau orang-orang dengan disabilitas lainnya.

Baca Juga: Usai Berembuk dengan Great Wall Motors, Xiaomi Rekrut Staf untuk Mobil Swakemudi

"Ini menunjukkan bahwa kendaraan otonom belum realistis untuk jalan normal," tukas Toyoda-san.

Lebih detail dikemukakan Akio Toyoda bahwa Toyota e-Palette berhenti di persimpangan T dan hendak berbelok di bawah kendali manual operator, yang menggunakan kendali joystick kendaraan, ketika menabrak atlet dalam kecepatan sekitar 1-2 km per jam.

Disebutkannya pula bahwa ofisial Paralimpiade telah memberi tahu bahwa atlet, tetap dalam kondisi sadar, telah dibawa ke pusat medis kampung atlet untuk perawatan. Dan mampu berjalan kembali kembali ke penginapan.

Toyota e-Palette adalah kendaraan listrik murni dan swakemudi, diadaptasi secara khusus untuk digunakan selama Paralimpiade dan Olimpiade Tokyo 2020. Desainnya telah disesuaikan dengan kebutuhan para atlet, mulai kursi roda hingga postur tertinggi.

Toyota mengatakan sedang bekerja sama dengan penyelidikan polisi setempat untuk menentukan penyebab kecelakaan itu. Juga akan melakukan penyelidikan sendiri.

Baca Juga: Angkut Atlet Paralimpiade dan Olimpiade Tokyo 2020, Toyota e-Palette Simbol Mobilitas

Dalam pernyataannya, produsen mobil Jepang mengatakan akan terus berkoordinasi dengan Komite Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 untuk mencegah insiden lebih lanjut.

Komentar