alexametrics

Rolls-Royce Kenalkan Mobil Listrik Murni Spectre, Siap Produksi 2023

RR Ukirsari Manggalani
Rolls-Royce Kenalkan Mobil Listrik Murni Spectre, Siap Produksi 2023
Spectre, andalan Rolls-Royce terbaru di sektor mobil listrik tenaga murni akan diuji coba 2,5 juta mil [Rolls-Royce Motor Cars]

Spectre menjadi penanda haluan Rolls-Royce Motor Cars di masa depan, yaitu stop membuat mobil bermesin pembakaran internal.

Suara.com - Torsten Müller-Ötvös, Chief Executive Officer (CEO) Rolls-Royce Motor Cars mengumumkan dimulainya program pengujian Rolls-Royce Spectre, produk mobil listrik murni, kebanggaan perusahaan mobil supermewah yang bermarkas di Goodwood, West Sussex, England, Britania Raya itu.

Dipetik dari rilis resmi Rolls-Royce Motor Cars dan tayangan presentasi sebagaimana diterima Suara.com, Rolls-Royce Spectre akan dipasarkan mulai kuartal keempat 2023.

Dalam tayangan presentasinya, dari London, Ibu Kota Inggris dan Britania Raya, Torsten Müller-Ötvös menyampaikan bahwa kehadiran Spectre bak ramalan yang sudah tersurat sejak para pendiri Rolls-Royce Motor Cars berpikir tentang visi ke masa depan. Yaitu tunggangan tidak berisik karena menggunakan tenaga listrik.

Baca Juga: Rolls-Royce Motor Cars Paparkan Perjalanan Elektrifikasi Produk, Termasuk 103EX

"Hari ini adalah hari terpenting dalam sejarah Rolls-Royce Motor Cars sejak 4 Mei 1904. Pada tanggal itu, para pendiri kami, Charles Rolls dan Sir Henry Royce, pertama kali bertemu dan setuju bahwa mereka akan menciptakan mobil terbaik di dunia," paparnya.

"Hari ini, 117 tahun kemudian, saya dengan bangga mengumumkan bahwa Rolls-Royce akan memulai program uji jalanan untuk produk baru yang luar biasa, akan meningkatkan revolusi global tentang mobil listrik penuh dan menciptakan yang pertama--dan terbaik--produk paling mewah dari jenisnya. Ini bukan prototipe. Namun produk nyata, dan akan diuji di depan mata. Klien kami akan menerima pengiriman pertama mobil pada kuartal keempat 2023," ungkap CEO Rolls-Royce Motor Cars.

"Dengan penuh kebanggaan, setelah seratus tahun lebih, saya bisa melunasi janji itu. Kami membawa mobil listrik ke pasar dalam dekade ini," lanjutnya.

Dan Torsten Müller-Ötvös juga menyampaikan bahwa mulai 2030, semua produk Rolls-Royce akan menggunakan daya listrik murni.

Spectre, andalan Rolls-Royce terbaru di sektor mobil listrik tenaga murni [Rolls-Royce Motor Cars]
Spectre, andalan Rolls-Royce terbaru di sektor mobil listrik tenaga murni [Rolls-Royce Motor Cars]

Berbicara soal mobil listrik, Spectre, yang disebutkan Torsten Müller-Ötvös sebagai nama bertenaga dan indah, seperti halnya produk Rolls-Royce lainnya, antara lain Phantom, Ghost, dan Wraith.

Baca Juga: Asal Indonesia, Irene Nikkein Jabat Direktur Regional Rolls-Royce Asia Pasifik

"Di Rolls-Royce, kami telah bereksperimen dengan powertrain listrik selama beberapa waktu. Pada 2011 kami meluncurkan 102EX, Phantom yang beroperasi all-electric. Kemudian 2016 dengan 103EX, juga sepenuhnya elektrik, yang mewakili visi kami untuk brand ini beberapa dekade ke depan," katanya menyebutkan dua mobil tenaga listrik yang telah dilahirkan Rolls-Royce Motor Cars.

Komentar