facebook

Insentif PPnBM DTP Bikin Mobil LCGC Makin Diburu

Liberty Jemadu
Insentif PPnBM DTP Bikin Mobil LCGC Makin Diburu
Mobil LCGC akan diburu setelah insentif PPnBM DTP diperpajang. Foto: Honda Brio dipamerkan di GIIAS 2021. [Antara]

Mobil LCGC akan semakin diburu pembeli berkat insentif PPnBM DTP.

Suara.com - Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengungkapkan bahwa insentif PPnBM DTP atau Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah akan banyak dimanfaatkan oleh para konsumen first time buyer, khususnya yang membeli kendaraan Low Cost Green Car (LCGC).

"Kami berpendapat pasar LCGC ini masih baik karena banyaknya first time buyer dan generasi milenial yang ingin memiliki kendaraan dari sebelumnya menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan roda dua," ungkap Yusak Billy seperti dilansir dari Antara, Jumat (25/2/2022).

Pasar untuk first time buyer yang akan menyerbu kendaraan LCGC ini masih menjadi tulang punggung penjualan di berbagai merek. Meski begitu, penjualan di tahun menurun sekitar 3 persen.

"LCGC masih menempati pangsa pasar tertinggi walaupun turun 3 persen, menjadi ke 17 persen di tahun 2021," kata dia.

Baca Juga: Prioritas Produksi Jadi Strategi Honda untuk Mengatasi Kekurangan Chip Semikonduktor

Yusak Billy mengakui bahwa peran PPnBM DTP dari pemerintah memang memberikan peningkatan dalam hal penjualan kendaraan bermotor di masa awal-awal pandemi yang lalu.

"PPnBM DTP memang terbukti sangat membantu meningkatkan penjualan di tahun 2021, oleh karena itu pemerintah memperpanjangnya di tahun 2022 ini khusus untuk segmen volume maker dengan harga di bawah 250 juta. Kami menyambut baik kebijakan tersebut dan berharap market dapat terus tumbuh yah," ucap dia.

Hadirnya peran Auto Show di Indonesia menjadikan duet maut yang tidak bisa dipisahkan untuk saat ini. Banyak pelonjakan penjualan juga berkat adanya pameran-pameran besar untuk otomotif.

"Pameran otomotif merupakan salah satu faktor meningkatkan penjualan yah. Apalagi berdekatan dengan perayaan Idul Fitri nanti," tutur dia.

Meski begitu Honda Prospect Motor tidak mau mematok target penjualan pada ajang pameran Auto Show nanti yang bakal di gelar di bulan Maret.

Baca Juga: Insentif PPnBM Gerakkan Industri Otomotif, Termasuk Sektor Pembiayaan

"Kami tidak memberikan target penjualan di pameran nanti di tengah masa pandemi ini," tutup dia. [Antara]

Komentar