facebook

SIM B untuk Pengendara Apa? Simak Detailnya di Sini

Cesar Uji Tawakal
SIM B untuk Pengendara Apa? Simak Detailnya di Sini
Ilustrasi SIM B. (Wuling)

SIM terbagi menjadi beberapa golongan yakni, SIM A, SIM B, SIM C, dan SIM D. Namun, masih ada sejumlah orang yang belum tahu SIM B untuk pengendara apa.

Suara.com - Setiap pemilik kendaraan roda dua maupun roda empat wajib memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi). SIM ini terbagi menjadi beberapa golongan yakni SIM A, SIM B (B1 dan B2), SIM C, dan juga SIM D. Masing-masing golongan SIM mempunyai kriteria berbeda. Namun, masih ada sejumlah orang yang belum tahu SIM B untuk pengendara apa.

Sebagian besar orang mungkin lebih familiar dengan SIM A dan SIM C, namun terasa sedikit asing dengan SIM B maupun SIM D. Pasalnya, SIM A dan SIM C ini lebih umum di kalangan masyarakat karena digunakan untuk pengendara motor dan mobil. 

Nah dalam artikel ini akan lebih fokus membahas mengenai SIM B. Untuk selengkapnya, mari simak berikut ini informasi mengenai SIM B untuk pengendara apa yang dihimpun dari berbagai sumber. Simak baik-baik ya!

SIM B Untuk Pengendara Apa?

Baca Juga: Cara Nyeleneh Pria Parkir Mobil di Celah Cukup Sempit, Idenya Sungguh Tak Terduga

Diketahui, SIM adalah dokumen penting dan wajib dimiliki setiap pemilik kendaraan. Untuk SIM B, SIM jenis ini terbagi jadi dua golongan, yakni SIM B1 serta SIM B2. Ini sesuai dengan Pasal 80 UU No 22 Th 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. 

SIM B1 ini ditujukan untuk yang mengemudikan mobil penumpang serta barang perseorangan yang jumlah beratnya melibihi 3.500 kg. Sedangkan SIM B2, SIM ini ditujukan untuk pengemudi kendaraan alat berat atau penarik yang mengangkut berat lebih dari 1.000 kg.

Dari jenis-jenis SIM B tersebut terbagi lagi menjadi beberapa macam, yang mana ini tertuang dalam Pasal 77 Ayat 2. Untuk lebih jelasnya, berikut ini informasi berdasarkan penggolongan jenis SIM B perseorangan maupun kendaraan umum.

SIM B Perseorangan

1. SIM B1

Baca Juga: Ford Eropa Tunjuk Dua Pabriknya untuk Produksi Mobil Listrik Generasi Terbaru dan Pusat Elektrifikasi

SIM B1 ini untuk pengendara yang mengemudikan mobil penumpang maupun barang perseorangan yang beratnya melebihi 3.500 kg. Biasanya kendaraan yang menggunakan SIM B1 ini mobil angkutan barang atau bus perseorangan 

2. SIM B2

SIM B2 ini digunakan untuk pengendara kendaraan alat berat atau penarik. Kendaraan ini bisa berupa truk gandeng perseorangan yang mengangkut berat maksimal melebihi 1.000 kg.

SIM B Untuk Kendaraan Umum

1. SIM B1 Umum

SIM B1 Umum ini digunakan untuk pengendara yang mengemudikan mobil penumpang maupun barang untuk tujuan komersil. Berat yang diizinkan mobil ini bisa mengankut melebihi dari 1.000 kg.

2. SIM B2 Umum

SIM B2 Umum ini digunakan untuk pengendara kendaraan penarik atau kendaraan bermotor dengan gandengan. Adapun berat kendaraan maksimal yang diizinkan untuk jenis ini melebihi 1.000 kg.

Demikian informasi mengenai  SIM B untuk pengendara apa lengkap dengan jenis-jenisnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar