Manfaat Mengonsumsi Buah Markisa bagi Kesehatan

Poptren

Selasa, 16 Agustus 2022 | 07:10 WIB
Manfaat Mengonsumsi Buah Markisa bagi Kesehatan
Ilustrasi buah markisa ([Pixabay com])

Poptren.suara.com - Markisa merupakan jenis tanaman merambat tropis, yang dikenal pula sebagai Passiflora. Markisa tumbuh di dataran dengan iklim hangat seperti Amerika Selatan, Australia, Afrika Selatan, dan India. Spesies markisa yang paling banyak ditemukan adalah passiflora edulis. Buah markisa memiliki daging buah yang lunak dan terdapat banyak biji di dalam kulit daging buahnya. Markisa bisa bisa dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi jus yang menyegarkan

Mengutip dari laman MedicalNewsToday.com, beberapa manfaat mengonsumsi buah markisa bagi kesehatan, yaitu :

1. Memenuhi Berbagai Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Buah markisa memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh, seperti vitamin A, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, kalium, magnesium, zat besi, serta fosfor. Berbagai kandungan vitamin dan mineral ini akan berperan penting dalam proses metabolisme tubuh, fungsi imun, hingga pencegahan dari berbagai penyakit akibat bakteri dan virus.

2. Anti kanker dan Inflamasi

Buah markisa mengandung sejumlah antioksidan yang baik untuk mencegah stres oksidatif melalui perannya dalam melawan serangan radikal bebas pemicu kanker dan berbagai faktor inflamasi.

3. Memantu Pemenuhan Asupan Serat Harian

Buah markisa juga mengandung serat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dengan cara melancarkan proses pencernaan serta mencegah terjadinya konstipasi. Serat yang terkandung pada buah markisa juga dinilai mampu menurunkan kolesterol sehingga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung.

4. Mengontrol Gula Darah

Buah markisa termasuk jenis buah yang memiliki kadar indeks glikemik rendah, sehingga menjadi salah satu jenis buah yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2, serta mampu mengontrol kadar gula darahnya.

5. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Selain mengontrol gula darah, ternyata buah markisa juga dinilai penting untuk meningkatkan sensitivitas insulin. Berdasarkan penelitian dari National Institutes of Health, menjelaskan bahwa markisa mengandung zat yang disebut piceatannol. Para peneliti menjelaskan bahwa pada pria yang kelebihan berat badan dan mengonsumsi 20 mg piceatannol setiap hari selama 8 minggu berpotensi untuk meningkatkan proses metabolisme tubuh, termasuk sensitivitas insulin.

Semoga bermanfaat.

Sumber : Yoursay.id

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA: 30 Soal Matematika SMP 2026, Lengkap Kunci Jawaban dan Pembahasan
Ikuti Kuisnya ➔
15 Soal Simulasi TWK Paskibraka 2026
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi: 25 Soal UTBK SNBT 2026 dan Kunci Jawabannya
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kepribadian Kamu Mirip Kue Lebaran Apa, Sih?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Love Language 2026: Kenali Bahasa Cintamu agar Hubungan Makin Klik dan Minim Drama!
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: THR Kamu Cocok Buat Beli HP Apa? Cek Rekomendasinya
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Tak Disangka! Ternyata Ini Manfaat Rumput Paragis bagi Kesehatan Tubuh

Tak Disangka! Ternyata Ini Manfaat Rumput Paragis bagi Kesehatan Tubuh

| Senin, 15 Agustus 2022 | 14:09 WIB

Manfaat dan Efek Samping Lidah Buaya, di Antaranya Bisa Lawan Kanker Payudara

Manfaat dan Efek Samping Lidah Buaya, di Antaranya Bisa Lawan Kanker Payudara

| Senin, 15 Agustus 2022 | 13:48 WIB

Segudang Manfaat Kunyit, Rempah Emas yang Termaktub dalam Pengobatan India Kuno

Segudang Manfaat Kunyit, Rempah Emas yang Termaktub dalam Pengobatan India Kuno

| Senin, 15 Agustus 2022 | 12:48 WIB

7 Manfaat Buah Naga yang Kaya Prebiotik dan Antioksidan

7 Manfaat Buah Naga yang Kaya Prebiotik dan Antioksidan

Your Say | Senin, 15 Agustus 2022 | 08:04 WIB

Terkini

Membangun Indonesia dari Ruang Sidang: Kita Tidak Butuh Banyak Program Baru

Membangun Indonesia dari Ruang Sidang: Kita Tidak Butuh Banyak Program Baru

Your Say | Senin, 08 Juni 2026 | 16:00 WIB

4 Serum Retinol Lokal Murah untuk Pemula Usia 30an, Atasi Flek Hitam dan Minim Iritasi

4 Serum Retinol Lokal Murah untuk Pemula Usia 30an, Atasi Flek Hitam dan Minim Iritasi

Lifestyle | Senin, 08 Juni 2026 | 16:00 WIB

Shin Tae-yong Bakal Buang Banyak Pemain Asing Persija Jakarta

Shin Tae-yong Bakal Buang Banyak Pemain Asing Persija Jakarta

Bola | Senin, 08 Juni 2026 | 16:00 WIB

Video Lawas Giorgio Antonio Pamer Uang Sekoper Isi Rp1 M Viral Lagi, Jumlahnya Diragukan Netizen

Video Lawas Giorgio Antonio Pamer Uang Sekoper Isi Rp1 M Viral Lagi, Jumlahnya Diragukan Netizen

Entertainment | Senin, 08 Juni 2026 | 15:55 WIB

5 Lip Liner Terbaik yang Anti Pudar dan Transferproof, Lengkap dengan Harganya

5 Lip Liner Terbaik yang Anti Pudar dan Transferproof, Lengkap dengan Harganya

Lifestyle | Senin, 08 Juni 2026 | 15:53 WIB

Penerimaan Bea Cukai Tembus Rp 123,8 Triliun di Mei 2026, Purbaya Klaim Manufaktur Mulai Kuat

Penerimaan Bea Cukai Tembus Rp 123,8 Triliun di Mei 2026, Purbaya Klaim Manufaktur Mulai Kuat

Bisnis | Senin, 08 Juni 2026 | 15:52 WIB

6 Pemain Termuda di Piala Dunia 2026, Ada Rekan Setim Calvin Verdonk

6 Pemain Termuda di Piala Dunia 2026, Ada Rekan Setim Calvin Verdonk

Bola | Senin, 08 Juni 2026 | 15:48 WIB

Perbedaan Parfum dan Cologne, Mana yang Wanginya Lebih Tahan Lama?

Perbedaan Parfum dan Cologne, Mana yang Wanginya Lebih Tahan Lama?

Lifestyle | Senin, 08 Juni 2026 | 15:45 WIB

Ulasan Film Miss You, Love You: Terkadang Ada Luka yang Nggak Bisa Sembuh

Ulasan Film Miss You, Love You: Terkadang Ada Luka yang Nggak Bisa Sembuh

Your Say | Senin, 08 Juni 2026 | 15:45 WIB

Jelang Dilantik, Mayjen TNI Trenggono Pilih Pensiun Dini Demi Tugas di Badan Gizi Nasional

Jelang Dilantik, Mayjen TNI Trenggono Pilih Pensiun Dini Demi Tugas di Badan Gizi Nasional

News | Senin, 08 Juni 2026 | 15:43 WIB