IOEF, Festival Orkestra Terbesar di Asia Tenggara Sukses Digelar di Jakarta

Ferry Noviandi
IOEF, Festival Orkestra Terbesar di Asia Tenggara Sukses Digelar di Jakarta
Konfrensi pers IOEF 2019. [dokumentasi pribadi]

IOEF 2019 menampilkan 25 grup dari Indonesia dan mancanegara.

Suara.com - Tak berlebihan bila menyebut Indonesia sebagai rumah dari berbagai jenis festival musik. Sukses dengan berbagai festival musik seperti jazz, pop, dan rock, Indonesia juga baru saja sukses menggelar festival musik orkestra dan ensemble.

Festival tersebut bertajuk Indonesian Orchestra & Ensemble Festival (IOEF) 2019. Acara yang digagas oleh Musicmind sukses digelar di Taman Ismail Marzuki pada 13-15 September 2019.

Salah satu okrestra anak-anak yang ditampilkan dalam konfrensi pers IOEF 2019. [dokumentasi pribadi]
Salah satu okrestra anak-anak yang ditampilkan dalam konfrensi pers IOEF 2019. [dokumentasi pribadi]

"Kami ingin menjadi wadah bagi para pelaku musik orkestra dan ensemble tanah air untuk dapat saling menginspirasi dan berkenalan satu sama lain. Selain menjadi ajang untuk menampilkan berbagai komunitas musik, IOEF juga menjadi tempat bagi masyarakat untuk belajar tentang musik orkestra melalui berbagai workshop dan seminar yang dibimbing langsung oleh musisi profesional di bidang ini," ungkap Dr. Nathania Karina - Founder & Festival Director IOEF, Music Director of TRUST Orchestra (Home Orchestra IOEF), seperti dalam rilis yang diterima Suara.com.

IOEF 2019 menampilkan 25 grup dari Indonesia dan mancanegara, lima special show dan empat workshop. Special show IOEF 2019 menghadirkan MPYO (Malaysian Philharmonic Youth Orchestra) yang merupakan salah satu orkestra remaja terbaik di Asia Tenggara di bawah asuhan Malaysian Philharmonic Orchestra. Clarquinet dari Singapura, Gusto Saxophone Quartet dari Thailand, serta musisi orkestra kelas dunia yaitu Julia Zulus (Oboe) & Justas Stasevkij (Piano) yang secara khusus didatangkan oleh Austrian Embassy Jakarta dari kota Wina.

Seluruh rangkaian acara festival yang diadakan selama tiga hari ini ditutup dengan gala konser yaitu penampilan dari Home Orchestra IOEF, Trinity Youth Symphony Orchestra (TRUST) yang baru saja menorehkan prestasi dengan meraih Gold Award di ajang World Orchestra Festival 2019 di Wina, Austria bulan Agustus lalu.

IOEF 2019 terselenggara berkat dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) RI, Kedutaan Besar Austria di Jakarta, PT. Trinity Optima Production, Andante Music School, Musicgear Indonesia, CASIO Music Indonesia, serta Kantorkuu sebagai venue partner.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS