facebook

ASQI Mengusulkan Pencanangan Hari Indonesia Melayani pada HUT Perdana

Arendya Nariswari
ASQI Mengusulkan Pencanangan Hari Indonesia Melayani pada HUT Perdana
Menteri Pariwisata Sandiaga Uno saat mengisi Online Talkshow & Webinar Akbar Hari Indonesia Melayani. (Zoom)

Turut yakni Menparekraf Sandiaga Uno dalam talk show Hari Indonesia Melayani, Sabtu (22/01/2022) kemarin.

Suara.com - Asosiasi Service Quality Indonesia (ASQI) mengusulkan kepada Pemerintah untuk mencanangkan setiap 21 Januari diperingati sebagai “Hari Indonesia Melayani”. Tanggal tersebut dipilih bertepatan dengan hari lahir ASQI, dan menjadi langkah awal untuk mewujudkan mimpi kualitas pelayanan prima di Indonesia, melalui spirit “INDONESIA Lebih MELAYANI”.

Hari Indonesia Melayani juga menjadi wujud nyata ASQI dalam mendukung program “Gerakan Indonesia Melayani”, sebagai implementasi dari Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental, yang menjadi salah satu program prioritas Presiden Joko Widodo.

“Semoga Program Hari Indonesia Melayani bisa menjadi lentera bagi kita semua, stakeholder pelayanan Indonesia. Sebagai penerang jalan dan bersama-sama bergandengan tangan untuk mewujudkan Indonesia Lebih Melayani,” ujar Ahmad Arwani, Ketua Umum Asosiasi Service Quality Indonesia (ASQI).

Dalam rangka merayakan hari jadinya yang pertama, ASQI berbagi inspirasi tentang Service Quality dengan semua stakeholder pelayanan Indonesia, baik pemerintahan maupun perusahaan di berbagai industri, dengan menyelenggarakan dua kegiatan utama pada tanggal 21-22 Januari 2022, yaitu “Online Workshop” serta “Online Talkshow & Webinar Akbar”.

Kegiatan “Online Workshop Hari Indonesia Melayani” yang diadakan pada 21 Januari 2022 mengangkat tema “Workhop Upscaling Service Quality 5.0” yang berbasis 2 unit Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), yaitu SKKNI 183/2016 perihal Memberikan Layanan Kepada Pelanggan dan SKKNI 170/2016 mengenai Menangani Keluhan Pelanggan.

Pada workshop tersebut ASQI memberikan free class training untuk 1.410 peserta multi-industri, multiprofesi, multi-corporate level, yang terdiri dari jajaran Direksi hingga Satuan Pengamanan dan Cleaning Service, juga UMKM. Workshop ini dipandu tim Trainer ASQI yang memiliki Sertifikasi Badan Nasional Sertikasi Profesi (BNSP).

Selanjutnya untuk “Online Talkshow & Webinar Akbar” pada 22 Januari 2022, ASQI mengangkat tema “Membangun Budaya Pelayanan di Era Society 5.0”. Pada kesempatan ini, hadir sebagai

Pembicara Utama adalah:

  1. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI - Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A.,
    M.B.A.;
  2. Wakil Direktur Utama Bank BCA, Bapak Armand W. Hartono;
  3. Direktur Layanan dan Jaringan Bank BNI, Bapak Ronny Venir;
  4. Co-Founder Tiket.com, Bapak Mikhael Gaery Undarsa;
  5. Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri RI, Dr. Safrizal
    ZA., M.Si.’
  6. Direktur Bela Negara, Ditjen Potensi Pertahanan, Kementerian Pertahanan RI; Brigjen. TNI Dr.
    Jubai Levianto, S.Sos., MM.;

Dan dihadiri oleh Pengurus DPP ASQI dan ASQI Chapter Seluruh Indonesia, dengan lebih dari 5000
partisipan yang hadir secara daring pada tanggal 22 Januari 2022.

Selain talkshow dan webinar, dilakukan pula Pengukuhan Kepengurusan ASQI Periode 2022-2025, Grand Launching “Buku Bunga Rampai Service Quality Indonesia” karya para Pengurus ASQI, serta Penandatanganan MoU antara ASQI dengan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), yang secara langsung ditandatangani bersama secara virtual oleh Ketua Umum ASQI Ahmad Arwani, dan Ketua Umum GIPI,Bapak Didien Junaedy.

Ketua Umum GIPI secara khusus menyampaikan bahwa ASQI dapat menjadi kelengkapan bagi “hospitality services” yang sudah ada di dunia Pariwasata, dan betapa pentingnya kita mengadakan pelayanan prima di bidang pariwisata, GIPI siap berkolaborasi dengan ASQI.

Bapak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Dr. H. Sandiaga Sialahuddin Uno, BBA., MBA, pada sambutan khusus sebagai “Keynote Speaker” menyampaikan dengan lugas dan tegas, “Saya ucapkan apresiasi, semoga sukses dan dirgahayu untuk ASQI, dan bersama GIPI kita perlu memastikan keberanian untuk melaksanakan serial program edukasi bidang pelayanan.”

Program “Hari Indonesia Melayani” ini dapat terselenggara berkat dukungan penuh dari berbagai pihak,
yaitu Bank BCA, Bank BNI, Adira Finance, Trans F&B, Gramedia dan Gabungan Industri Pariwisata
Indonesia, serta Radio Sonora Jakarta sebagai media partner

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS