Eks Juara Dunia F1 : Alonso Tak Layak Disamakan dengan Schumacher

Rizki Nurmansyah
Eks Juara Dunia F1 : Alonso Tak Layak Disamakan dengan Schumacher
Juara dunia F1 tujuh kali, Michael Schumacher (kiri), berdampingan dengan mantan rivalnya yang kala itu masih memperkuat tim Ferrari, Fernando Alonso. [AFP/Dimitar Dilkoff]

"Schumacher harus dinilai sebagai pebalap terbaik yang pernah ada di F1."

Suara.com - Juara dunia Formula 1 (F1) 1979, Jody Scheckter tak sependapat dengan mantan pebalap F1, Felipe Massa, yang menyamakan kualitas Fernando Alonso dengan Michael Schumacher.

Menurut Scheckter, Alonso yang pada, Selasa (14/8/2018) kemarin, mengumumkan pensiun dari balapan F1 di akhir musim ini, tak layak disamakan dengan Schumacher.

Pria asal Afrika Selatan ini mengatakan, Schumacher merupakan pebalap legendaris dan driver terbaik yang dimiliki F1.

Baca Juga: Fernando Alonso Pensiun dari Formula 1 di Akhir Musim 2018

"Bagi saya, sama sekali tidak," ujar Scheckter ketika diminta komentarnya tentang pernyataan Massa yang menyamakan kualitas Alonso dengan Schumacher, dikutip dari Express, Rabu (15/8/2018).

"Schumacher harus dinilai sebagai pebalap terbaik yang pernah ada di F1. Untuk Alonso, saya tidak melihat dia ada dalam kategori itu," lanjut Scheckter yang meraih gelar juara dunia F1 di tahun 1979 bersama Ferrari.

Mantan juara dunia F1 1979, Jody Scheckter (kiri), tengah berbincang dengan mantan pebalap Ferrari lainnya, Niki Lauda. [AFP/Dominique Faget]
Mantan juara dunia F1 1979, Jody Scheckter (kiri), tengah berbincang dengan mantan pebalap Ferrari lainnya, Niki Lauda. [AFP/Dominique Faget]

"Itu bukan berarti Alonso bukan pebalap bagus. Dia (Alonso) salah satu pebalap papan atas di F1 saat ini," pungkasnya.

Fernando Alonso mengumumkan pensiun dari F1 pada Selasa lalu setelah berkecimpung di dunia balap F1 selama 17 tahun.

"Setelah 17 tahun di olahraga yang luar biasa ini, inilah saatnyabagi saya untuk membuat perubahan dan melanjutkan hidup," ujar pebalap berusia 37 tahun, dikutip dari BBC Sport.

"Saya telah membuat keputusan ini sejak beberapa bulan lalu dan ini keputusan yang tegas."

Fernando Alonso (kiri) dan Felipe Massa saat masih bertandem di tim Ferrari. [AFP/Tom Gandolfini]
Fernando Alonso (kiri) dan Felipe Massa saat masih bertandem di tim Ferrari. [AFP/Tom Gandolfini]

"Masih ada beberapa balapan untuk dijalani musim ini, dan saya akan ambil bagian di dalamnya dengan komitmen dan semangat lebih dari sebelumnya," tutur Alonso.

Sejak memulai karier di F1 pada tahun 2001, Alonso telah memenangi 32 balapan. Masa keemasannya terjadi saat dia masih memperkuat tim Renault di pertengahan tahun 2000-an.

Baca Juga: Asian Games : Mobil Pribadi Masuk GBK, Erick Thohir Naik Pitam

Kala itu, Alonso dua kali berturut-turut menjadi juara dunia F1 di tahun 2005 dan 2006, sebelum memutuskan pindah ke McLaren pada musim 2007.

Catatannya ini masih kalah dari Michael Schumacher yang telah mengantongi tujuh gelar juara dunia F1: 1994, 1995, 2000, 2001, 2002, 2003, dan 2004.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS