Ditinggal Christian Ronaldo, Timnas Basket Tak Merasa Kehilangan

Rully Fauzi | Arief Apriadi
Ditinggal Christian Ronaldo, Timnas Basket Tak Merasa Kehilangan
Pelatih Timnas Basket Indonesia, Fictor Gideon Roring. [Dok. Satria Muda]

Hal ini diungkapkan Fictor Gideon Roring.

Suara.com - Pelatih Timnas Basket Indonesia, Fictor Gideon Roring menyebut timnya tak merindukan kehadiran Big Man, Christian Ronaldo Sitepu yang telah memutuskan pensiun musim ini.

Menurut pelatih yang akrab disapa Ito itu, Timnas Basket Indonesia tetap mampu tampil baik, ada atau tanpa kehadiran pemain yang memutuskan pensiun usai meraih gelar juara Indonesian Basketball League (IBL) 2017/2018 bersama Satria Muda tersebut.

Hasil di Asian Games 2018 dan beberapa kejuaraan lain menjadi buktinya.

"Saya tak melihatnya seperti itu (performa Timnas Basket Indonesia menurun). Saya rasa kemarin kita main tanpa Dodo -sapaan akrab Christian Ronaldo- tidak ada masalah," ujar Fictor Roring usai laga uji coba antara timnas kontra Pelita Jaya Basketball di kawasan BSD, Tangerang Selatan, Selasa (20/11/2018).

Apa yang dikatakan Ito memang ada benarnya. Selain mampu menembus babak perempatfinal Asian Games 2018, Timnas Basket Indonesia juga mampu tampil apik di dua kejuaraan sebelumnya selepas ditinggal Dodo.

Saat menjalani Pra-Kualifikasi Zona SEABA (Asia Tenggara) FIBA Asia 2021, Andakara Prastawa dan kawan-kawan mampu meraih juara, setelah menyapu bersih semua laga dengan kemenangan, yakni melawan Thailand, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan Kamboja.

Sementara saat mengikuti William Jones Cup 2018 yang berlangsung di Taiwan pada 25-29 Juli lalu, Indonesia berhasil tampil cukup baik meski hanya menempati posisi kesembilan atau urutan terakhir klasemen. 

Menghadapi Korea Selatan yang merupakan salah satu tim terbaik di kancah Asia, Indonesia mampu memberi perlawanan sengit dengan hanya kalah tipis dengan skor 86-92. Saat itu Kore White yang berstatus pemain asing turut membela tim Garuda.

"Sebelum ini kan kita sudah ikut di beberapa kejuaraan. Di Thailand (Pra-Kualifikasi Zona SEABA FIBA Asia 2021), kita juara. Di Williams Jones Cup (2018) kita ikut dan lumayan bagus, lalu di Asian Games juga bisa masuk delapan besar tanpa Dodo. Jadi tak masalah," tukasnya.

Posisi Christian Ronaldo sendiri kemungkinan besar akan digantikan oleh Big Man atau Center lain, yakni Adhi Pratama Prasetyo atau Muhammad Dhiya Ul'haq.

Baca Juga

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS