Lorenzo: Honda seperti Real Madrid dan Barcelona

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Lorenzo: Honda seperti Real Madrid dan Barcelona
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kiri), musim depan akan bertandem dengan Jorge Lorenzo yang saat ini masih membela tim Ducati. [AFP/Lluis Gene]

Menurut Lorenzo, Honda memiliki banyak keunggulan dibanding tim-tim lain.

Suara.com - Jorge Lorenzo akhirnya buka suara terkait kepindahannya dari Ducati ke Honda pada gelaran MotoGP 2019. Dia membeberkan alasan mengapa memilih tim asal Jepang itu.

Menurut Lorenzo, Honda memiliki banyak keunggulan dibanding tim-tim lain. Salah satu yang paling menonjol di mata Lorenzo adalah terkait perolehan gelar juara Honda di kelas MotoGP.

Sejak digelar pada 1949 hingga saat ini, Honda sebagai konstruktor telah memenangi 20 gelar juara dunia. Capaian itu lebih banyak dari tim manampun, termasuk MV Agusta (18 gelar) dan Yamaha (17 gelar).

Melihat kesuksesan tim barunya itu, Lorenzo tak segan membanding-bandingkan Honda dengan dua klub sepakbola papan atas dunia.

Menurut rider 31 tahun itu, kiprah Honda di dunia balap Motor tak ubahnya seperti dua klub 'raksasa' La Liga Spanyol, Barcelona dan Real Madrid , yang telah lama mendominasi persepakbolaan dunia.

"Repsol Honda mungkin merupakan tim paling sukses sepanjang sejarah. Mereka memiliki kemenangan dan gelar juara terbanyak," ujar Lorenzo dilansir GPone, Kamis (3/1/2019).

"Jika membandingkan Honda dengan tim sepakbola, mereka seperti Barcelona dan Real Madrid. Tak ada tim dengan gelar juara dan paling penting di dunia selain mereka," imbuhnya.

Dalam beberapa musim terakhir, Honda memang menjadi tim yang paling mendominasi di kelas MotoGP. Keberadaan Marc Marquez merupakan alasan utama.

Sejak 2013 hingga 2018, tercatat Marc Marquez dan Honda mampu memenangi lima gelar juara.

Uniknya, hanya Lorenzo yang mampu mengganggu dominasi tersebut, kala menjadi juara dunia pada 2015 silam bersama Yamaha.

Lorenzo mengaku sangat bangga bisa bergabng bersama Honda. Dirinya berharap bisa memberikan kontribusi maksimal untuk membuat Honda terus berjaya di masa mendatang.

"Saya sangat bangga berada di sini, bersama keluarga ini, dan bisa memberi kontribusi untuk membuat tim semakin lebih kuat," tukasnya.

Saat ini, Lorenzo dan para pebalap MotoGP lain tengah menikmati jeda musim. Mereka baru akan kembali sibuk saat mengikuti tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, 6-8 Februari mendatang.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS