Kisruh Regulasi Tinggi Badan Pemain Asing, Fictor Minta IBL Berbenah

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Kisruh Regulasi Tinggi Badan Pemain Asing, Fictor Minta IBL Berbenah
Legiun asing anyar milik Hangtuah, Brysean Perine Bryquis (kiri) dipulangkan IBL karena menyalahi syarat maksimal tinggi badan. [Dok. IBL]

Otoritas IBL memulangkan Brysean Perine Bryquis karena dinilai melanggar aturan tinggi badan.

Suara.com - Pelatih Pelita Jaya Basketball, Fictor Roring, turut menyoroti kegaduhan terkait pencoretan pemain asing baru Hangtuah, Brysean Perine Bryquis.

Seperti diketahui, otoritas Indonesia Basketball League (IBL) memulangkan Brysean Perine Bryquis karena dinilai melanggar aturan tinggi badan.

Sang pemain diketahui memiliki tinggi 189 cm atau satu centimeter lebih tinggi dari regulasi yang ditetapkan IBL untuk pemain asing bertipe small man.

Menurut Fictor, kasus ini tak bisa dibiarkan begitu saja. Sebab, menurutnya, bisa jadi ada pemain asing bertipe small man lain yang tinggi badannya melebihi aturan.

"Memang sangat-sangat sulit. Liga harus membereskan masalah ini. Masalahnya, di daftar IBL draft, itu pemain impor tingginya 188 cm, tapi kenyataannya setelah datang ternyata lebih (tinggi)," ujar Fictor Roring saat dihubungi wartawan, Senin (11/2/2019).

Pelatih Timnas Basket Indonesia, Fictor Roring, ditemui di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (20/12/2018). [Suara.com/Arief Apriadi]
Pelatih Pelita Jaya dan juga Timnas Basket Indonesia, Fictor Roring, ditemui di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (20/12/2018). [Suara.com/Arief Apriadi]

Fictor mengakui jika regulasi yang ditetapkan IBL cukup aneh. Apalagi kasus Brysean menandakan pihak IBL kecolongan dengan data draft pemain asing yang mereka terbitkan sebelum berlangsungnya IBL 2018/2019.

"Agak aneh memang aturannya. Ya tapi kita mau tidak mau tetap harus mengikuti aturan mereka (IBL). Sebenarnya yang seperti saya bilang tadi, secara kasat mata juga sudah bisa dilihat (tinggi seorang pemain asing)," tukas Fictor Roring.

Sebagaimana diketahui, IBL terpaksa memulangkan Brysean Perine Bryquis ke Amerika Serikat karena bermasalah dengan tinggi badan.

Saat diukur ulang oleh pihak IBL, pebasket 30 tahun itu memiliki tinggi 189 cm atau lebih satu centimeter dari regulasi.

Pihak Hangtuah telah mempertanyakan sikap IBL. Mereka menilai IBL telah lalai karena data yang tertera pada draft pemain asing IBL nyatanya berbeda dengan tinggi pemain sebenarnya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS