SEA Games: Selamatkan Atlet Indonesia, Peselancar Filipina Dipuji Jokowi

Rizki Nurmansyah
SEA Games: Selamatkan Atlet Indonesia, Peselancar Filipina Dipuji Jokowi
Peselancar Filipina Roger Casugay menolong atlet Indonesia, Arip Hidayat, yang tergulung ombak besar pada pertandingan cabang olahraga selancar nomor longboard putra SEA Games 2019 di Pantai Monaliza, La Union, Subic, Filipina pada, Jumat (6/12/). [Facebook/Jefferson Ganuelas]

"Apresiasi saya untuk peselancar Filipina, Roger Casugay," tulis Jokowi.

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi tindakan peselancar tuan rumah Filipina, Roger Casugay, yang lebih memilih menyelamatkan atlet Indonesia, Arip Hidayat, pada pertandingan SEA Games 2019.

Insiden yang viral di media sosial ini terjadi pada perlombaan cabang olahraga selancar nomor longboard putra SEA Games 2019 di La Union, Subic, Filipina pada, Jumat (6/12/) lalu.

Saat itu, Casugay rela melepas peluang memperoleh medali demi memilih menyelamatkan peselancar Indonesia, Arip Nurhidayat, yang tergulung ombak besar di Pantai Monaliza.

Casugay yang saat itu memiliki peluang untuk melaju ke final, memilih meninggalkan perlombaan karena melihat pesaingnya dari Indonesia terlepas dari papan selancar dan terbawa ombak besar.

Casugay menolong Arip dan berbagi papan selancar hingga ke tepi pantai.

Aksi heroik ini, diabadikan Jefferson Ganuelas seorang peselancar lokal pada halaman Facebook pribadinya.

Video ini kemudian diunggah kembali melalui halaman facebook resmi SEA Games Filipina 2019.

Presiden Joko Widodo (tengah) bersama kontingen Indonesia saat pelepasan atlet untuk SEA Games 2019 di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/11).  [ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay]
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama kontingen Indonesia saat pelepasan atlet untuk SEA Games 2019 di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/11). [ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay]

"Memenangkan kompetisi itu penting, sportivitas olahraga juga harus dijunjung tinggi, tapi kemanusiaan di atas segalanya," tulis Jokowi memuji tindakan heroik peselancar Roger Casugay melalui akun Instagram pribadinya, Senin (9/12/2019).

"Apresiasi saya untuk peselancar Filipina, Roger Casugay, yang merelakan kesempatan meraih medali emas demi menolong pesaingnya, atlet Indonesia Arip Nurhidayat yang terjatuh dalam lomba. Salam hormat dari Indonesia," pungkas Jokowi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS