alexametrics

PON Papua: Singkirkan Jatim, Jabar Maju ke Final Basket 3x3 Putra

Reky Kalumata
PON Papua: Singkirkan Jatim, Jabar Maju ke Final Basket 3x3 Putra
Tim bola basket 3x3 putra Jawa Timur (seragam putih) menghadapi Jawa Barat pada laga semifinal PON XX Papua di Mimika Sport Complex, Mimika, Kamis (14/10/2021). Jawa Barat memenangkan pertandingan itu dengan skor 13-9 dan lolos ke partai puncak. (ANTARA/Michael Siahaan)

Jawa Barat akan menghadapi pemenang laga semifinal lainnya antara Jawa Tengah melawan DKI Jakarta

Suara.com - Tim putra Jawa Barat secara mengejutkan berhasil lolos ke babak final bola basket 3x3 PON XX Papua setelah menyingkirkan tim unggulan Jawa Timur dengan skor 13-9 di Mimika Sport Complex, Mimika, Kamis (14/10/2021).

Dikatakan mengejutkan karena Jatim yang diperkuat pemain nasional bola basket Indonesia Widyanta Putra Teja merupakan calon kuat juara.

Di final, Jawa Barat akan menghadapi pemenang laga semifinal lainnya antara Jawa Tengah melawan DKI Jakarta, yang masih bertanding saat berita ini diturunkan.

Laga final putra dijadwalkan berlangsung pada Kamis malam mulai pukul 19.05 WIT, setelah pertandingan tempat ketiga dan final putri.

Baca Juga: Jelang Penutupan, Menpora Klaim PON Papua Sukses Prestasi dan Pelaksanaan

Pertandingan Jabar melawan Jatim bergulir dengan sengit sejak awal. Jatim awalnya memimpin 2-0 berkat Widyanta Putra Teja, lalu dibalikkan oleh pemain Jabar Viocky Rachmalo menjadi 3-2.

Jabar semakin menjauh 7-3 melalui lesakan sempurna Kevin Aditya, tetapi Jatim sempat menyamakan kedudukan 9-9 dari tembakan Naja Hidayat.

Akan tetapi, Jabar tidak mau menyerahkan keunggulan dan Kevin Aditya kembali membawa timnya memimpin 11-9, sebelum menutup pertandingan dengan kemenangan 13-9.

Usai laga, pemain Jabar Dio Dyanza menyatakan bersyukur bisa menundukkan tim kuat Jawa Timur.

Dio memastikan dia dan rekan-rekannya akan tampil habis-habisan pada laga final untuk membawa pulang medali emas.

Baca Juga: Sepak Bola PON Papua: Pecundangi Aceh, Tuan Rumah Sabet Emas

"Kami mesti tetap fokus dan konsisten," tutur pemain berusia 24 tahun itu seperti dilansir Antara.

Komentar