Alexa

Ini Ilmuwan di Balik Program Senjata Nuklir Korea Utara

Dythia Novianty
Ini Ilmuwan di Balik Program Senjata Nuklir Korea Utara
Ilmuwan dibalik nuklir Korut. [Mirror]

Inilah dua ilmuwan yang berada di garis depan program nuklir Korea Utara.

Suara.com - Banyak pihak bertanya, siapa di balik pembuatan nuklir Korea Utara dengan kekuatan dasyat yang diluncurkan baru-baru ini.

Inilah dua ilmuwan yang berada di garis depan program nuklir Korea Utara. Mereka adalah Ri Hong Sop, kepala Institut Senjata Nuklir Korea Utara, dan Hong Sung Mu, wakil direktur partai pekerja yang berkuasa di departemen industri amunisi Korea.

Kedua lelaki tersebut digambarkan bersama pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menjelang uji coba nuklir hari Minggu (3/9/2017) lalu. Mereka berperan penting dalam misi mengerikan tersebut.

Uji coba nuklir keenam lalu merupakan pengembangan bom hidrogen, yang memiliki kekuatan jauh lebih besar daripada bom atom.

Foto-foto yang dikeluarkan oleh kantor berita KCNA resmi beberapa jam sebelum tes tersebut, menunjukkan kedua lelaki itu berdiri di samping pemimpin Kim Jong Un saat dia melihat sebuah hulu ledak.

Beberapa pakar kepemimpinan Korea Utara mengatakan bahwa mereka adalah bagian dari sekelompok ahli senjata di garis depan yang sangat mendukung pemimpin muda tersebut untuk mengembangkan rudal balistik antar benua (ICBM), yang dapat membawa senjata nuklir ke AS.

Dibandingkan dengan ayahnya Kim Jong Il dan kakek Kim Il Sung, yang memilih kelompok kerja kecil dan manajer menengah untuk menangani program senjata, pemimpin berusia 33 tahun itu secara lebih pribadi melibatkan para ilmuwan ini.

Dia rupanya sering tampil bersama mereka di acara kenegaraan, tes senjata dan inspeksi lapangan.

Tampaknya, Hong mempelopori program pengembangan nuklir sebagai pejabat senior partai.

"Ri bertanggung jawab atas tes nuklir seperti bom hidrogen di tingkat kerja," kata Yang Moo-jin, profesor di Universitas Korea Utara di Seoul, yang memantau hirarki dan kepemimpinan negara tersebut.

Peran keduanya belum bisa dikonfirmasi. Kedua ilmuwan menjadi semakin terkenal karena program senjata Pyongyang telah meningkat dengan cepat di bawah kepemimpinan Kim.

Pada bulan Januari 2016, Hong dan Ri adalah yang pertama dan kedua menerima medali yang diberikan secara pribadi oleh Kim dalam sebuah upacara untuk menandai tes nuklir keempat negara tersebut.

Dua bulan kemudian, mereka menemani Kim yang sedang tersenyum memeriksa bola berwarna perak, yang menurut Utara merupakan hulu ledak mini yang bisa dipasang pada ICBM.

Kelompok teknokrat senjata yang lebih luas mencakup tiga ilmuwan roket yang telah menemani Kim dalam beberapa peluncuran rudal penting, termasuk dua peluncuran ICBM pada bulan Juli lalu yang menunjukkan bahwa sebagian besar wilayah daratan AS sekarang berada dalam jangkauan.

Para ahli mengatakan, pendekatan Kim mungkin telah memberi kontribusi pada pengembangan lebih cepat dari senjata nuklir dan misilnya. Hal ini pun mendukung para ilmuwan mengembangkan hubungan pribadi dengan pemimpin tersebut. [Mirror]

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Hayoo ngaku siapa yang suka ngeliatin pria beruban 😆 #DidYouKnow
.
.
.
#fakta #faktapria #faktawanita #uban #rambut #catrambut #coloring #georgeclooney #markrufallo #tahukahkamu #likesforlikes #suaradotcom

INFOGRAFIS