Android P Punya Kemampuan Blokir Kamera dari Aplikasi Jahat

Dythia Novianty | Aditya Gema Pratomo
Android P Punya Kemampuan Blokir Kamera dari Aplikasi Jahat
Logo Google. [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]

Salah satu fitur keamanan Android P adalah mencegah aplikasi jahat mengakses kamera smartphone Anda.

Suara.com - Android P adalah sistem operasi Android terbaru yang sudah banyak ditunggu oleh penggemar. Menjelang peluncurannya, salah satu fitur keamananya terungkap ke publik.

Pada dasarnya, fitur keamanan tersebut akan menyelamatkan Anda dari aplikasi yang diam-diam merekam keseharian Anda. Beberapa aplikasi diketahui dari percakapan secara diam-diam, misalnya GhostCntrl.

Melalui Proyek Android Open Source (AOSP), Android P diketahui akan mencegah aplikasi jahat untuk mengakses kamera atau mikrofon smartphone.

Lalu bagaimana fitur ini bekerja? Pada dasarnya setiap aplikasi memiliki user ID (UID), yang merupakan tanda pengenal unik yang diberikan Android ke setiap aplikasi yang terpasang.

Baca Juga: Ini Bahaya Menonton Film Porno di Ponsel Android

Jadi, ketika Anda menjalankan Android P, layanan kamera akan menemukan ketika suatu UID menganggur. Dalam keadaan itu, Android akan mengeluarkan notifikasi dan memblokir akses ke kamera.

Dengan Android P membatasi kamera, aplikasi jahat tidak bisa berbuat banyak. Jika mereka masih ingin memata-matai Anda, mereka harus menerapkan layanan latar depan untuk beroperasi.

Ini bukan pertama kalinya Google mengambil tindakan keras terhadap aplikasi. Sebelumnya, mereka pernah menegur Cerberus karena diketahui melacak lokasi pengguna. [Techradar]

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS