Lima Hal Menakjubkan Ini Hanya Ditemukan di Luar Angkasa

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Lima Hal Menakjubkan Ini Hanya Ditemukan di Luar Angkasa
Ilustrasi rasi bintang Sagitarius. [Shutterstock]

Sebagian besar dari luar angkasa menyimpan hal-hal yang menakjubkan.

Suara.com - Luar angkasa adalah tempat yang luas dan belum semua bagiannya dijelajahi oleh manusia, di mana objek-objek baru dan menarik terus ditemukan setiap tahunnya. Dilansir dari Earth & World, masih ada sejumlah besar informasi yang belum diketahui oleh para ilmuwan.

Namun, sebagian besar dari luar angkasa menyimpan hal-hal yang menakjubkan. Berikut ini lima daftar hal-hal yang hanya bisa ditemukan di luar angkasa:

1. Pembekuan bintang

Seperti yang telah diketahui, bintang adalah benda langit yang memancarkan cahaya dan panas karena sebuah reaksi kimia. Namun, di alam semesta yang luas ini terdapat banyak bintang dingin yang memiliki suhu di bawah titik beku, salah satunya adalah WISE 0855-0714 yang merupakan katai cokelat yang memiliki suhu antara minus 43 hingga minus 13 derajat Celcius.

Penemuan ini merupakan fenomena yang unik dan masih dipelajari oleh para astronom mengenai penyebab suhu yang berbeda dari bintang ini.

2. Planet berlian

Dikenal sebagai 55 Cancri E, sebuah planet ekstrasurya yang memiliki inti terbuat dari karbon dan dilihat dari tekanan serta suhu planet ini, diperkirakan bahwa sebagian besar intinya berbentuk berlian. Massa planet ini sendiri sekitar 8,63 dari massa Bumi dengan diameter dua kali lipat dari Bumi.

Meskipun hingga saat ini belum ada astronot yang bisa mencapai lokasinya, diperkirakan nilai dari semua berlian yang berada di intinya mencapai 27 juta dolar.

3. Bintang jatuh

Walaupun dinamakan bintang jatuh, secara harfiah itu bukanlah bintang melainkan meteorit yang bergerak sangat cepat. Penampakan tersebut disebabkan oleh panas yang dihasilkan oleh tekanan ram pada saat meteorit memasuki atmosfer.

Beberapa meteor saat jatuh biasanya memiliki ekor di belakangnya. Namun, rupanya para ilmuwan menemukan satu-satunya bintang yang memiliki ekor dan jika terjatuh, secara harfiah itu akan disebut bintang jatuh.

Dinamakan Mira, bintang raksasa merah ini berada pada jarak 418 tahun cahaya di rasi Cetus. Observasi Mira oleh Teleskop Ultraungu GALEX milik NASA memperlihatkan bentuk ekor sepanjang 13 tahun cahaya yang terbentuk 10.000 tahun yang lalu.

Interaksi antara angin bintang dengan gas di luar angkasa yang kemudian membentuk gas atau plasma yang terkompresi dan membentuk gelombang kejut panas dalah penyebab dari munculnya ekor tersebut.

4. Awan alkohol

Dikenal sebagai Sagittarius B2, awan molekul gas dan debu raksasa ini terletak sekitar 390 tahun cahaya dari pusat Bimasakti. Awan ruang angkasa ini memiliki berbagai jenis molekul kompleks, tapi yang paling menarik terdiri dari etanol, komponen utama dari alkohol.

Selain etanol, awan ini juga mengandung vinil alkohol dan metanol. Hal ini disebabkan oleh konglomerasi atom yang menghasilkan molekul baru. Menurut perkiraan, jumlah alkohol dalam awan ini cukup untuk mengisi 400 triliun bir.

5. Supernova

Supernova merupakan ledakan dari suatu bintang di galaksi yang memancarkan energi lebih banyak daripada nova. Peristiwa ini biasanya menandai berakhirnya riwayat suatu bintang. Bintang yang mengalami supernova akan tampak sangat cemerlang dan bahkan bisa mencapai ratusan juta kali cahaya semula bintang tersebut.

Namun, dalam penelitian terbaru menunjukkan bahwa ada cara lain bagi sebuah bintang untuk mati dengan membentuk unnova. Unnova adalah bintang yang runtuh tetapi tidak memancarkan sejumlah besar partikel energi.

Dalam beberapa kasus, energi yang dipancarkan biasanya berbentuk sinar gamma.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS