Bisa Salto, Ini Robot Mini Cheetah yang Dikembangkan Ilmuwan MIT

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta
Bisa Salto, Ini Robot Mini Cheetah yang Dikembangkan Ilmuwan MIT
Robot Mini Cheetah yang dikembangkan ilmuwan MIT. (MIT)

Robot Mini Cheetah diklaim sebagai robot pertama yang bisa salto.

Suara.com - Ilmuwan Massachusetts Institute of Technology (MIT) dikenal akan terobosan mereka dalam membuat robot. Salah satunya, ada robot Mini Cheetah ini.

Robot Mini Cheetah yang dikembangkan ilmuwan MIT ini diklaim sebagai robot pertama yang bisa melakukan gerakan salto.

Baca Juga : Cafe Dilayani oleh Robot, Pengunjung Disabilitas Tertolong

Para ilmuwan MIT sebenarnya telah menciptakan beberapa robot listrik yang sangat mengesankan. Beberapa robot itu diketahui dapat melompati rintangan dan melakukan navigasi dengan cepat.

Namun yang paling menarik adalah robot citah mini yang terinspirasi dari hewan yang mempunyai nama sama dengan robot tersebut.

Robot ini bisa berlari dengan cepat dan bahkan bisa melakukan gerakan paling sulit bagi robot, salto.

Mini Cheetah juga mempunyai bobot yang sangat ringan, beratnya hanya 20 pon atau 9,07 kilogram. Ilmuwan MIT menggambarkan robot ini sebagai ''robot yang tidak bisa dihancurkan''.

Jika era Terminator datang dan robot Mini Cheetah menjadi jahat, manusia patut mewaspadai pasukan robot yang satu ini.

Bagaimana tidak, dalam video berdurasi kurang dari 2 menit, kita bisa melihat bahwa robot ini mempunyai DNA robot penghancur masa depan.

Khas robot penghancur, ia tidak bisa dihancurkan dan bisa kembali ke bentuk semula. Dalam demonstrasi robot di video, Mini Cheetah dapat ditendang dan dibanting semau ilmuwan.

Baca Juga : Robot InSight Berhasil Mendarat di Mars, Ini Foto Pertamanya

Namun canggihnya, meski jatuh, robot ini dapat kembali ke bentuk semula.

Robot Mini Cheetah dapat berlari hingga 8 kilometer per jam dan dapat melakukan gerakan backflip (salto) 360 derajat dari posisi berdirinya.

Seperti kucing, robot juga bisa mendarat dengan sempurna di tanah ketika dijatuhkan dari atas. Robot Mini Cheetah juga termasuk robot yang mudah diperbaiki, masing-masing dari empat kakinya ditenagai oleh tiga motor listrik murah.

''Sebagian besar alasan mengapa kita membuat robot ini adalah kita ingin robot dapat dengan mudah bereksperimen dan mencoba hal-hal gila,'' kata Benjamin Katz, salah satu ilmuwan MIT yang membuat robot.

Robot Mini Cheetah yang merupakan robot pertama yang bisa salto akan dikembangkan lagi sehingga ia semakin mirip dengan citah aslinya. (HiTekno.com)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS