BMKG: Terbentuk Rabu Pagi, Siklon Tropis Veronica Sapu NTT

Liberty Jemadu
BMKG: Terbentuk Rabu Pagi, Siklon Tropis Veronica Sapu NTT
Ilustrasi siklon. [Shutterstock]

Siklon tropis Veronica, jelas BMKG, terbentuk pada pukul 08.00 WITA sekitar 600 km sebelah selatan barat daya Sabu Raijua.

Suara.com - Siklon tropis Veronica saat ini sedang melanda wilayah kepulauan Nusa Tenggara Timur (NTT), demikian diumumkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Rabu (20/3/2019).

"Betul, ada siklon tropis Veronika. Baru terbentuk tadi, Rabu pagi," kata prakirawan BMKG Stasiun El Tari Kupang, Yessie Widya Putri kepada Antara di Kupang.

Menurut dia, siklon tropis Veronika terbentuk pada pukul 08.00 WITA, dengan posisi pada 15.2 Lintang Selatan, 119.2 Bujur Timur (BT), sekitar 600 km sebelah selatan barat daya Sabu Raijua.

Siklon tersebut dengan arah gerak, barat barat daya, kecepatan 8 knots (15 km/jam) itu bergerak menjauhi wilayah Indonesia, dengan kecepatan angin maksimum 40 knots (75 km/jam).

Diprediksi selama 24 jam ke depan, yakni hingga 21 Maret pukul 07:00 WIB atau 08.00 WITA, siklon tropis Veronika berada pada posisi 16.2 Lintang Selatan, 117.1 Bujur Timur (BT) atau sekitar 820 km sebelah barat daya Sabu Raijua.

Siklon tropis Veronika bergerak ke arah barat barat daya, dengan kecepatan 6 knots (10 km/jam), dan menjauhi wilayah Indonesia dengan kecepatan angin maksimum 55 knots (100 km/jam).

Dampak yang ditimbulkan siklon tropis Veronika adalah hujan dengan intensitas sedang-lebat di wilayah Jawa Timur, Bali, NTB, dan Nusa Tenggara Timur (NTT), katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS