Unik, Baidu Bikin Peta Toilet Umum Digital

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Unik, Baidu Bikin Peta Toilet Umum Digital
Ilustrasi logo perusahaan Baidu. (Shutterstock)

Baidu tengah mengembangkan peta digital yang bisa memetakan lokasi toilet umum di seluruh wilayah China.

Suara.com - Saat plesir ke luar negeri, salah satu kendala bagi para turis adalah sulit menemukan lokasi toilet umum. Sedangkan peta konvensional maupun digital lebih terfokus pada pemetaan obyek wisata, restoran, dan ruang publik lainnya. Sadar betul akan hal tersebut, Baidu tengah mengembangkan peta digital yang bisa memetakan lokasi toilet umum di seluruh wilayah China.

Dikutip dari China Daily, Senin (25/3/2019), Wakil Menteri Kebudayaan dan Pariwisata China Zhang Xu mengatakan bahwa di akhir Juni mendatang, toilet-toilet yang dibangun sebelum tahun 2019 dan berlokasi di daerah wisata, transportasi, restoran, taman, dan tempat umum lainnya akan tercantum dalam layanan peta Baidu.

Xu juga menjelaskan bahwa sejauh ini, sudah ada lebih dari 20 ribu toilet umum yang sudah terdaftar dalam sistem data Baidu, termasuk toilet untuk para penyandang disabilitas.

Ilustrasi toilet umum. (Shutterstock)
Ilustrasi toilet umum. (Shutterstock)

Agar informasi yang tercantum dalam peta digital Baidu benar-benar valid, pemerintah China juga sudah menjalin dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan verifikasi. Dengan adanya peta toilet umum digital tersebut, pemerintah China berharap agar turis asing yang melancong akan merasa lebih nyaman untuk menghabiskan waktu di Negeri Tirai Bambu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS