Ilmuwan Menduga Venus Pernah Dipenuhi Alien?

Dythia Novianty
Ilmuwan Menduga Venus Pernah Dipenuhi Alien?
Planet Venus. [Shutterstock]

Para ilmuwan memiliki hipotesis baru soal Venus.

Suara.com - Jika buat Anda beberapa kota yang saat ini bermasalah adalah lokasi yang menyeramkan, Anda salah! Justru 'saudara perempuan Bumi' yakni Venus diasumsikan sebagai tempat yang mengerikan.

Di Venus, awan asam sulfat menembus langit kekuningan, sedangkan permukaannya berwarna merah kecoklatan, yang cukup panas untuk melelehkan timbal. Namun, gambaran tersebuut masih kurang suram.

Dilansir dari laman Metro, para ilmuwan telah mengklaim bahwa planet tetangga kita dulunya agak menyenangkan, dengan lautan dangkal, diprediksi mendukung sebagai tempat hunian alien.

Michael Way dari The Goddard Institute for Space Science telah menciptakan serangkaian simulasi yang menunjukkan bahwa Venus dapat dihuni selama dua hingga tiga miliar tahun. Kemudian sekitar 700 juta tahun yang lalu sebuah 'transformasi dramatis' mengubah iklim dan 'muncul kembali sekitar 80 persen dari planet ini'.

Bencana alam ini diyakini terjadi selama peristiwa 'outgassing' yang menyebabkan karbon dioksida menyembur ke atmosfer dan memicu efek rumah kaca yang tak terkendali.

"Venus saat ini memiliki hampir dua kali radiasi matahari yang kita miliki di Bumi. Namun, dalam semua skenario yang telah kami modelkan, kami telah menemukan bahwa Venus masih dapat mendukung suhu permukaan yang sesuai untuk air cair," kata Way.

Para peneliti membuat hipotesis bahwa Venus mungkin memiliki iklim yang stabil selama miliaran tahun. Ada kemungkinan bahwa peristiwa pelapisan ulang dekat-global ini bertanggung jawab atas transformasi dari iklim mirip Bumi menjadi rumah panas seperti yang kita lihat hari ini.

Masih ada dua hal yang tidak diketahui namun perlu ditangani, sebelum dapat mengatakan apakah Venus bisa ditinggali.

Pertama, perlu diketahui apakah air cair pernah ada di permukaannya. Maka, perlu memutuskan apakah peristiwa global pelaburan itu hanya peristiwa tunggal atau disebabkan oleh rantai panjang bencana dalam gerak lambat.

Ilustrasi alien (Shutterstock).
Ilustrasi alien (Shutterstock).

"Kami membutuhkan lebih banyak misi untuk mempelajari Venus dan mendapatkan pemahaman yang lebih rinci tentang sejarah dan evolusinya," kata Way.

Namun, dia menambahkan bahwa ada kemungkinan nyata di mana Venus bisa dihuni dan sangat berbeda dari Venus yang kita lihat saat ini. Ini membuka semua jenis implikasi untuk exoplanet yang ditemukan dengan apa yang disebut sebagai 'Zona Venus', yang mungkin, pada kenyataannya, menampung air cair dan memiliki iklim sedang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS