Smartfren Dukung Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi

Reky Kalumata | Tivan Rahmat
Smartfren Dukung Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi
Logo baru Smartfren. [Smartfren]

Kominfo membuat aplikasi pelacak pasien Covid-19

Suara.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana merilis aplikasi pelacak pasien Covid-19, PeduliLindungi, pada pekan depan.

Dalam proses pembuatannya, Kominfo juga bekerjasama dengan seluruh operator telekomunikasi di Indonesia, termasuk Smartfren.

Terkait dengan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi, Munir Syahda Prabowo selaku VP Technology Relations and Special Project Smartfren menjelaskan cara kerja aplikasi tersebut, dan bentuk dukungan yang diberikan oleh pihaknya.

"Aplikasi (PeduliLindungi) dibuat dan dioperasikan oleh Kominfo. Selanjutnya, operator akan mengirimkan info berdasarkan MDN (Mobile Device Number/nomor ponsel) yang diminta oleh Kominfo," terang Munir dalam keterangan tertulisnya, Minggu (29/3/2020).

Nantinya setelah data diserahkan kepada Kominfo, lanjut Munir, maka pemerintah-lah yang akan melanjutkan prosedur berikutnya.

Sedangkan untuk membantu pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus corona, Smartfren beserta operator telekomunikasi lainnya sepakat untuk memberikan pesan berantai lewat SMS kepada para pelanggan.

"Operator akan mengirimkan broadcast reminder atgar masyarakat menjauhi kerumunan (keramaian)," tutup Munir.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS