Ini Alasan Lelaki Lebih Rentan Terinfeksi Covid-19

Liberty Jemadu
Ini Alasan Lelaki Lebih Rentan Terinfeksi Covid-19
Ilustrasi virus corona. [Pixabay]/emmagrau]

Selain di paru-paru, enzim ACE2 juga ditemukan di jantung, ginjal, pembuluh darah, dan konsentrasi paling tinggi di testis.

Suara.com - Lelaki lebih rentan terinfeksi Covid-19, penyakit akibat virus corona baru Sars-Cov-2, karena memiliki lebih banyak enzim ACE2 di dalam darahnya ketimbang perempuan.

Angiotensin-converting enzyme 2 (ACE2) adalah enzim kunci yang dimanfaatkan oleh virus corona untuk menginfeksi sel-sel manusia, ACE2 bisa ditemukan di jantung, ginjal, dan organ lainnya.

Studi para peneliti Belanda tentang perbandingan enzim ACE2 pada lelaki dan perempuan itu diterbitkan di jurnal European Heart Journal, demikian diwartakan South China Morning Post, Senin (11/5/2020).

Dalam studi itu para ilmuwan meneliti konsenstrasi ACE2 di sampel darah 3.500 pasien gagal jantung dari 11 negara Eropa. Studi itu sendiri digelar sebelum pandemi virus corona terjadi, jadi tidak menyertakan relawan pasien Covid-19.

Tetapi ketika studi-studi soal Covid-19 mulai menunjukkan bahwa enzim ACE2 sebagai kunci yang digunakan virus corona untuk menembus sel manusia, para peneliti Belanda melihat ada potensi lain dari studi mereka.

"Ketika kami menemukan bahwa salah satu biomarker paling kuat, ACE2, lebih banyak pada lelaki ketimbang perempuan, saya sadar bahwa studi ini memiliki potensi untuk menjelaskan mengapa lelaki lebih mudah meninggal dunia karena Covid-19 ketimbang perempuan," kata Iziah Sama, salah satu peneliti yang juga dokter pada rumah sakit UMC Groningen, Belanda.

ACE2 adalah reseptor di permukaan sel yang mengikat virus corona dan memberinya jalan untuk masuk serta menginfeksi sel. Selain di paru-paru, enzim ACE2 juga ditemukan di jantung, ginjal, pembuluh darah, dan konsentrasi paling tinggi di testis.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS