Keren, Coklat Ini Bisa Berikan Efek Hologram

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Keren, Coklat Ini Bisa Berikan Efek Hologram
Ilustrasi cokelat. [Shutterstock]

Sekelompok ilmuwan dari ETH Research, Swiss, memodifikasi cokelat.

Suara.com - Sebagai salah satu penganan paling digemari di dunia, cokelat memiliki banyak jenis dan varian. Oleh karena itu, sebagian pembuat cokelat menginginkan adanya diferensiasi antara cokelat yang ia buat dengan yang lainnya.

Dikutip dari Ubergizmo, Kamis (9/7/2020), sekelompok ilmuwan dari ETH Research, Swiss, memodifikasi cokelat yang mereka buat dengan sentuhan sains.

Kelompok ilmuwan beranggotakan Patrick Rühs, Etienne Jeoffroy, Henning Galinski, dan Anita Zingg berhasil membuat cokelat yang dilengkapi dengan efek hologram.

Jadi ketika cokelat ini dilihat dari berbagai sudut pandang, penganan manis ini memantulkan rangkaian warna menarik layaknya sebuah hologram.

Menariknya, para ilmuwan tidak menggunakan pewarna makanan untuk memberikan efek hologram pada cokelat yang mereka buat. Mereka mencetak bagian luar cokelat dengan pola khusus, yang memungkinkan mereka untuk memproduksi cokelat dengan sentuhan warna artistik, tanpa harus mengubah rasa atau tekstur cokelat itu sendiri.

Ilustrasi hologram. [Shutterstock]
Ilustrasi hologram. [Shutterstock]

Kerennya lagi, efek hologram yang ditambahkan para ilmuwan pada cokelat buatan mereka, justru terinspirasi dari bunglon, yang kulitnya memiliki struktur permukaan mikroskopis yang dapat menyebarkan cahaya berbeda dalam berbagai panjang gelombang, tergantung pada sudut pandang orang yang melihatnya.

"Kami tidak yakin kapan kami akan mulai melihat cokelat ini beredar di pasaran, tetapi kami membayangkan begitu cokelat tersedia, jangan heran jika ini menjadi tren makanan berikutnya yang Anda lihat di media sosial," tutup para ilmuwan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS