3 Cara Membuat Website Gratis

Dany Garjito
3 Cara Membuat Website Gratis
Ilustrasi bekerja.(Unsplash/Annie S)

Bagaimana cara membuat website gratis?

Suara.com - Banyak orang menggunakan website sebagai media untuk menyimpan portofolio pekerjaan, bisnis online shop, hingga membagikan informasi pada masyarakat. Mulai dari penulis, jurnalis, fotografer, blogger, hingga pengusaha membutuhkan website sebagai media perantara. Dalam artikel ini, akan dibahas cara membuat website gratis yang aman dan mudah.

Salah satu pilihan website paling populer adalah Wordpress. Banyak orang memilih Wordpress sebagai personal branding hingga media promosi bisnis karena Wordpress membuat tampilan produk atau jasa seseorang terlihat lebih profesional.

Terlebih hampir 90% masyarakat atau konsumen mencari segala macam produk dan jasa melalui website. Sehingga besar kemungkinan bagi pebisnis dan penjual jasa lainnya untuk menemukan konsumen baru melalui Wordpress.

Nah, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat website Wordpress gratis.

1. Instal

Ilustrasi bekerja.(Unsplash/Marvin M)
Ilustrasi bekerja.(Unsplash/Marvin M)

Langkah awal untuk membuat website Wordpress gratis ialah instal Wordpress secara manual. Jika Anda sudah terbiasa dengan pemrograman dan hosting website, maka menginstal website secara manual bukanlah hal yang sulit dilakukan. Pertama, download file zip Wordpress, lalu lakukan kustomisasi pada localhost atau And bisa langsung meng-hostingnya. Selanjutnya, pilih tema sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda, lalu pasang plugin, isi konten lewat localhost, terakhir upload hosting melalui File Manager atau Filezilla. Kini Wordpress sudah berhasil di instal.

Jika Anda telah memiliki hosting atau domain, langkah berikutnya yang harus dilakukan ialah membuat Wordpress melalui Softaculous Apps Installer yakni instal otomatis yang tersedia pada Hosting dan berfungsi untuk memudahkan instalasi CMS (content management system) dan berbagai aplikasi website lainnya.

2. Ganti Tema dan Pasang Plugin

Setelah selesai menginstal dan membuat WordPress, berikutnya adalah memperindah tampilan website yang telah Anda buat. Ada banyak fitur yang di WordPress yang bisa Anda gunakan untuk membuat tema dan tampilan pada website Anda lebih menarik untuk dilihat. Ada beberapa tema gratis yang bisa Anda gunakan. Sesuaikan dengan kebutuhan dan tema usaha atau jasa yang Anda tawarkan.

3. Membuat WordPress Lebih Aman

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS