Cara Membuat Aplikasi Gmail Dekstop

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Cara Membuat Aplikasi Gmail Dekstop
Aplikasi Gmail di sebuah ponsel pintar dan komputer (Shutterstock).

Chrome maupun Microsoft Edge versi Chromium memungkinkan pengguna mengubah halaman web menjadi aplikasi dekstop yang terpisah, lengkap dengan ikonnya sendiri.

Suara.com - Gmail merupakan salah satu penyedia layanan email populer, yang paling banyak digunakan dan karenanya mungkin pengguna ingin dapat mengakses Gmail langsung dari dekstop, tanpa harus membuka browser terlebih dahulu.

Untungnya, baik Chrome maupun Microsoft Edge versi Chromium memungkinkan pengguna mengubah halaman web menjadi aplikasi dekstop yang terpisah, lengkap dengan ikonnya sendiri. Hal ini memungkinkan pengguna mengakses situs seolah-olah itu adalah program tersendiri.

Metode ini memungkinkan Anda membuat versi dekstop Gmail yang dapat diakses langsung dan pengguna juga dapat menggunakan satu aplikasi untuk beberapa akun Gmail. Dilansir dari Make Tech Easier, Rabu (29/7/2020), berikut cara membuat aplikasi dekstop Gmail:

1. Aktifkan mode offline Gmail

Pertama, aktifkan mode offline asli baru Gmail. Pengguna tidak wajib melakukan langkah ini, tetapi jika ingin Gmail berfungsi sebagai aplikasi dekstop yang dapat digunakan tanpa internet dan disinkronkan dengan akun online, langkah ini sangat dianjurkan.

Buka kotak masuk Gmail pengguna > klik Pengaturan dengan ikon roda gigi di kanan atas > di bawah tab General klik Offline > centang pada kotak Enable offline mail. Ini akan membuka beberapa opsi lagi untuk pengguna.

Di halaman ini Anda akan melihat berapa banyak ruang penyimpanan yang akan digunakan oleh aplikasi. Pengguna dapat memilih apakah pengguna ingin menyimpan email hingga tujuh, 30, atau 90 hari.

Ilustrasi Gmail. [Shutterstock]
Ilustrasi Gmail. [Shutterstock]

Di kotak Security, disarankan memilih opsi Keep offline data on my computer jika merupakan pengguna rumahan dan yakin tidak ada orang lain yang dapat mengakses kotak masuk pengguna. Ini akan membuat aplikasi dekstop lebih mulus, dengan semua email dapat diakses segera setelah menyalakan PC, alih-alih menunggu seluruh kotak masuk untuk melakukan sinkronisasi setiap kali. Setelah selesai, klik Save Changes untuk menyimpan perubahan.

2. Cara membuat aplikasi Gmail Desktop (Edge)

Untuk membuat aplikasi Gmail berbasis Edge, buka Gmail di Microsoft Edge > klik ikon menu tiga titik di sudut kanan atas > pilih Aplikasi dan opsi Install this site as an app.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS