Ada-ada Aja! Pejabat India Klaim Mandi Lumpur Bisa Cegah Covid-19

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Ada-ada Aja! Pejabat India Klaim Mandi Lumpur Bisa Cegah Covid-19
Mandi lumpur. [Chris Yang/Unsplash]

Jaunapuria mengunggah video memperlihatkan dirinya duduk bertelanjang dada dalam sebuah genangan air berwarna cokelat.

Suara.com - Seorang pejabat India bernama Sukhbir Singh Jaunapuria, merekam dirinya duduk di genangan lumpur dan meniup keong. Dia mengklaim bahwa apa yang dilakukannya itu dapat mencegah terinfeksi virus Corona (Covid-19).

Jaunapuria merupakan seorang politisi dan anggota parlemen dari negara bagian utara Rajasthan, termasuk di antara 24 anggota parlemen yang dites positif Covid-19 pada 14 September lalu.

Sebulan sebelum didiagnosis, Jaunapuria mengunggah video tersebut di halaman Facebooknya. Ia terlihat duduk bertelanjang dada dalam sebuah genangan air berwarna cokelat dan meniup cangkang keong.

"Keluar, basahi diri dengan air hujan, duduk di tanah, bekerja di pertanian, meniup keong... dan makan sesuatu yang 'desi'. Seseorang mendapat kekebalan dari melakukan hal-hal ini," tulis Jaunapuria dalam bahasa Hindi.

Baca Juga: Setelah 40 Tahun, Inggris Kembalikan Patung Tembaga dari Kuil Dewa Wisnu

Pejabat India mandi lumpur. [Facebook]
Pejabat India mandi lumpur. [Facebook]

Desi merupakan istilah India yang berarti lokal, asli, atau murni.

Jaunapuria bukanlah satu-satunya politisi terkemuka yang mengusulkan obat aneh untuk virus Corona. Presiden Belarus Alexsander Lukashenko mengatakan awal tahun ini bahwa mengendarai traktor, minum vodka, dan pergi ke sauna akan mencegah penyakit, sebelum ia dinyatakan positif.

Sementara di Meksiko, Presiden Andrés Manuel López Obrador mengungkapkan bahwa ia membawa jimat yang katanya dapat melindunginya dari penyakit. Lain lagi dengan Gubernur Puebla Luis Miguel Barbosa Huerta, mengklaim orang-orang miskin kebal terhadap penyakit tersebut.

Suman Haripriya, anggota parlemen India lainnya dari negara bagian Assam, menggembar-gemborkan teori bahwa urin dan kotoran sapi dapat digunakan untuk mensterilkan daerah yang terinfeksi.

Kasus Covid-19 di India saat ini melonjak melewati angka 5 juta kasus, menambahkan 97.894 kasus baru pada Rabu (16/9/2020), kenaikan terbesar dalam satu hari di negara itu.

Baca Juga: Anggap Lumpur Dapat Tangkal Covid-19, Politisi India Ini Dinyatakan Positif

Hanya dalam waktu 11 hari bagi India untuk beralih dari 4 juta kasus menjadi 5 juta kasus. Dengan kata lain, India sekarang memiliki wabah virus Corona yang meningkat tercepat di negara manapun di dunia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS