alexametrics

Google Play Store Izinkan Berbagi Aplikasi dan Pembaruan Perangkat Terdekat

RR Ukirsari Manggalani | Lintang Siltya Utami
Google Play Store Izinkan Berbagi Aplikasi dan Pembaruan Perangkat Terdekat
Google Play Store [shutterstock]

Syarat pembaruan antarperangkat adalah menggunakan Google Play Store versi 24.0 atau lebih baru.

Suara.com - Google Play Store kini menghadirkan fitur Berbagi di Sekitar atau Nearby Sharing yang memungkinkan pengguna berbagi aplikasi dan pembaruan antarperangkat.

Pertama kali ditemukan tim APK Insight 9to5Google pada September dan diresmikan Google pada Desember, Play Store kini meluncurkan kemampuan untuk berbagi aplikasi dengan perangkat Android terdekat.

Dilansir dari 9to5Google pada Jumat (19/2/2021), untuk memanfaatkan fungsionalitas baru ini, pengguna harus menggunakan Google Play Store versi 24.0 atau versi yang lebih baru.

Fitur Nearby Sharing dapat digunakan dengan mengakses Google Play Store > ketuk tombol menu tiga baris di pojok atas > klik opsi Aplikasi & Game Saya.

Baca Juga: Cara Mendapat Lebih Banyak Memori di Google Drive, Google Photos, dan Gmail

Nearby sharing Google Play Store [Google 9to5].
Nearby sharing, tersedia di Google Play Store [Google 9to5].

Pada halaman ini, pengguna akan melihat beberapa tab di bagian atas, salah satunya bertuliskan Bagikan (Share). Jika pengguna tidak melihat tab ini, coba tunggu beberapa menit karena terkadang perlu sedikit waktu bagi Play Store untuk mengaktifkan fitur itu setelah pembaruan.

Di tab Bagikan, pengguna memiliki opsi untuk mengizinkan perangkat milik pengguna untuk Kirim (Send) atau Terima (Receive) aplikasi Play Store tertentu. Apa pun opsi yang dipilih, pengguna harus memberi Play Store akses ke lokasi yang digunakan untuk mencari perangkat terdekat.

Jika pengguna memilih untuk mengirim aplikasi, pengguna akan diarahkan ke daftar aplikasi Android yang siap untuk dikirim. Tidak semua aplikasi dapat dikirim melalui fitur Nearby Sharing.

Hal ini berlaku bagi aplikasi apa pun yang telah pengguna bayar, sideload, atau tidak tersedia untuk umum di Play Store.

Setelah pengguna memilih satu atau lebih aplikasi untuk dikirim, pengguna harus mencari perangkat penerima yang telah menekan tombol Terima di Play Store.

Baca Juga: Google Doodle Peringati Hari Kelahiran Marie Thomas, Siapakah Dia?

Selanjutnya, pilih penerima dan perangkat tersebut akan menerima permintaan penyandingan, di mana baik pengguna ataupun penerima akan melihat kode penyandingan.

Setelah dipasangkan, berbagi aplikasi akan dimulai. Saat unduhan selesai, penerima perlu menekan tombol Instal untuk setiap aplikasi atau tekan Instal Semua.

Hingga pengirim atau penerima mengetuk tombol Putuskan Sambungan, kedua perangkat akan masih tetap terhubung dan dapat berbagi aplikasi Play Store antara satu sama lain.

Komentar