alexametrics

Google Indonesia: Podcast Termasuk yang Paling Dicari selama 2020

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Google Indonesia: Podcast Termasuk yang Paling Dicari selama 2020
Ilustrasi Podcast. [Shutterstock]

Pengguna Google Indonesia banyak mencari konten hiburan selama dilanda pandemi Covid-19 di 2020.

Suara.com - Google baru saja merilis laporan Year in Search 2020 untuk mengamati perilaku konsumen di Indonesia. Selama masa pandemi, konten hiburan menjadi salah satu topik yang banyak dicari masyarakat Indonesia.

“Laporan ini memberikan insight mengenai tren yang tidak kami lihat dua tahun lalu ketika mulai menerbitkan laporan Year in Search untuk Brand,” ucap Muriel Makarim, Head of Large Customer Marketing di Google Indonesia dalam konferensi pers virtual, Selasa (23/2/2021).

Laporan yang dilakukan selama periode November 2019 hingga Oktober 2020 ini mengatakan, topik media dan hiburan menjadi pilihan konsumen Indonesia yang menggunakan internet.

Tercatat, penelusuran kata kunci music meningkat hingga 240 persen. Di bawahnya ada gaming dengan persentase peningkatan 210 persen. Selanjutnya ada workout atau olahraga dengan peningkatan penelusuran 200 persen. Terakhir ada kata podcast yang meningkat hingga 170 persen.

Baca Juga: Podcast On The Go: Ngobrolin Bisnis, Minum Kopi, Kuliah hingga Starling

Sementara untuk perangkat gaming, Google Search juga menampilkan tiga besar device yang banyak dicari masyarakat Indonesia. Peringkat pertama ditempati game konsol dengan persentase 80 persen. Kemudian ada hp gaming dengan peningkatan pencarian hingga 30 persen.

Sedangkan perangkat terakhir ada smart TV dengan persentase peningkatan penelusuran hingga 40 persen.

"Masyarakat Indonesia dikenal dengan kebiasaan berkumpul dan untuk mewujudkannya di tengah pandemi, mereka beralih ke layanan online agar tetap terhubung dengan orang yang dicintai sambil tetap aman di rumah," tambah Muriel.

Ia mencontohkan, perayaan bulan Ramadan yang dirayakan secara online menghasilkan lonjakan empat kali lipat untuk pertemuan virtual.

"Beberapa kata kunci seperti get-togethers, silaturahmi virtual, buka bersama online, main game bareng, dan video call banyak orang menjadi kata kunci paling banyak yang dicari," pungkasnya.

Baca Juga: Ini 3 Kekhawatiran Orang Tua Indonesia saat Anak Mengakses Internet

Komentar