alexametrics

Gandeng Developer Indonesia, Huawei Kembangkan Aplikasi di HarmonyOS 2.0

Dythia Novianty | Dicky Prastya
Gandeng Developer Indonesia, Huawei Kembangkan Aplikasi di HarmonyOS 2.0
Logo Huawei. [Shutterstock]

Huawei menggandeng partner dan developer Indonesia untuk mengembangkan Huawei Mobile System dan ekosistem HarmonyOS 2.0.

Suara.com - Huawei menggandeng partner dan developer Indonesia untuk mengembangkan Huawei Mobile System dan ekosistem HarmonyOS 2.0, lewat Huawei Developer Day yang digelar Jumat lalu.

Patrick Ru selaku Country Head Huawei CBG Indonesia mengatakan, HUAWEI Developer Day (HDD) adalah platform yang dirancang pabrikan untuk melakukan komunikasi lebih mendalam dengan para developer.

Platform ini merupakan wadah bagi para pengembang untuk meningkatkan kemampuannya dalam memberikan pelayanan dan mendekatkan mereka dengan tren industri terbaru terkait perangkat seluler.

Melalui acara ini, tambah Patrick, Huawei juga memberikan pembaruan tentang bagaimana membangun dan mengembangkan ekosistemnya di Indonesia, sejalan dengan HarmonyOS yang baru saja diluncurkan.

Baca Juga: Semakin Bertambah, Pengguna HarmonyOS 2 Tembus 70 Juta

"Masyarakat Indonesia kini dapat semakin terhubung. Huawei telah berperan dalam memberdayakan developer dan memfasilitasi mereka dengan kemampuan yang diperlukan dalam membangun ekosistem yang cerdas," jelas Patrick dalam rilis yang diterima, Minggu (12/9/2021).

Melalui HUAWEI Developer Day, perusahaan mengungkapkan bahwa ekosistem Huawei Mobile Services (HMS) telah diperbarui dengan kapabilitas terbarunya di HMS Core 6.0, yang tentunya didukung dengan HarmonyOS 2.0 dan fitur yang tersertifikasi Huawei Developer Programme.

Huawei Developer Day. [Huawei Indonesia]
Huawei Developer Day. [Huawei Indonesia]

HMS Core merupakan sebuah perangkat yang komprehensif dengan kapabilitas terbuka yang mendukung para developer untuk menghasilkan pengembangan yang efisien, cepat, serta monetisasi secara fleksibel.

Struktur layanan seluler pada HMS Core 6.0 menawarkan one-point akses, di mana dapat mendukung pendistribusian global secara efisien dan cerdas untuk seluruh salurannya.

Saat ini, ekosistem pada HMS menduduki peringkat ke-3 di dunia dengan lebih dari 550 juta pengguna aktif, 4.5 juta pengembang yang telah terdaftar, serta lebih dari 141.000 aplikasi yang telah terintegrasi.

Baca Juga: Update Anyar Datang ke Huawei Watch 3, Hadirkan Fitur Keren Ini

"Struktur kerja terbaru yang dimiliki HMS Core 6.0 dan firmware HarmonyOS 2.0 bertujuan mempermudah pengembang aplikasi, dalam menerapkan sekaligus cara bagi Huawei dalam menawarkan ekosistem yang beragam kepada konsumen," tambah Patrick.

HMS Core 6.0 sendiri menawarkan kemampuan yang melingkupi tujuh domain, yakni 3D Modelling, AV Pipeline, Audio Editor, Video Editor, dan 5G Modern.

Kemudian, Huawei juga memberikan update terkait toko aplikasi HUAWEI AppGallery.

Hingga Q2 2021, HUAWEI AppGallery memiliki 550 juta pengguna aktif bulanan, 141 ribu aplikasi terintegrasi dengan HMS, dan 4,5 juta developer yang terdaftar.

Patrick berharap, pihaknya dapat menciptakan dunia yang sepenuhnya terhubung dan cerdas bagi pelanggan kami di Indonesia, di mana mereka dapat menikmati efisiensi dan kenyamanan yang dibawa oleh kehidupan AI yang mulus.

HarmonyOS 2.0 Mobile Beta. (Huawei via IT Home)
HarmonyOS 2.0 Mobile Beta. (Huawei via IT Home)

"Kami senang bahwa kami bersama dengan jutaan konsumen kami dari seluruh dunia dapat merangkul masa depan," jelas Patrick.

Komentar