alexametrics

Contoh Bilangan Bulat dan Jenis-jenis Bilangan dalam Matematika

Rifan Aditya
Contoh Bilangan Bulat dan Jenis-jenis Bilangan dalam Matematika
Contoh Bilangan Bulat dan Jenis-jenis Bilangan dalam Matematika - lustrasi anak belajar matematika. (Shutterstock)

Dalam matematika ada beberapa jenis bilangan, tiga di antaranya adalah bilangan asli, bilangan cacah, dan bilangan bulat.

Suara.com - Bilangan merupakan istilah yang merujuk kepada angka yang identik dengan matematika. Dalam matematika ada beberapa jenis bilangan, tiga di antaranya adalah bilangan asli, bilangan cacah, dan bilangan bulat.

Yuk, kita pahami jenis-jenis bilangan dan contoh-contoh bilangan, termasuk bilangan bulat yang dilansir dari Cuemath.

  1. Bilangan Bulat 
    Bilangan bulat adalah bilangan terdiri atas angka-angka positif, negatif, dan juga bilangan nol. Bilangan bulat terdiri atas dua jenis yaitu bilangan bulat genap dan bilangan bulat ganjil. Contoh bilangan bulat genap adalah -8, -6, -4, -2, 0, 2, 4, 6, dan 8. Sedangkan bilangan bulat ganjil terdiri atas -7, -5, -3, -1, 1, 3, 4, 7. 
  2. Bilangan Asli 
    Bilangan asli adalah bilangan bulat positif dari satu sampai tak terhingga. 
    Contoh bilangan bulat positif atau bilangan asli ini adalah 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, dan seterusnya sampai tak terhingga. 
  3. Bilangan Cacah 
    Bilangan cacah merupakan bilangan gabungan antara bilangan nol dan bilangan asli atau bilangan bulat dari 0 ke bilangan bulat positif sampai tak terhingga. Contoh bilangan cacah adalah 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, dan seterusnya sampai tak terhingga sesuai dengan pengertiannya. 
  4. Bilangan Nol 
    Bilangan nol merupakan bilangan kosong atau berarti tidak ada. Bilangan nol dilambangkan dengan angka O. Dilansir dari Wolfram MathWorld, bilangan nol sering disebut sebagai bilangan atau angka istimewa. Keistimewaannya adalah semua bilangan yang dikalikan dengan 0 hasilnya 0. 
  5. Bilangan Prima 
    Bilangan prima berdasarkan jurnal Metode Solovay-Strassen untuk Pengujian Bilangan Prima (2015), merupakan bilangan bulat positif yang lebih besar dari satu dan hanya habis dibagi satu dan dirinya sendiri. Contoh bilangan prima antara lain angka 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19, 23, 29, 31, dan 37. 

Demikian contoh bilangan bulat dan bilangan prima. Masih ada banyak jenis-jenis bilangan dalam teori matematika, tapi bilangan bulat hanya ada dua jenis yaitu bilangan bulat genap dan bilangan bulat ganjil.  

Kontributor : Mutaya Saroh

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Bilangan: Ada Bilangan Asli dan Cacah!

Komentar