alexametrics

Dukung Pengembangan AI, BRIN dan Korika Gelar AIIS 2021

Liberty Jemadu
Dukung Pengembangan AI, BRIN dan Korika Gelar AIIS 2021
BRIN dan Korika akan menggelar Artificial Intelligence Innovation Summit atau AIIS 2021 secara virtual pada 10-13 November mendatang. Foto: Ilustrasi kecerdasan artifisial atau artificial intelligence. [Shutterstock]

AIIS 2021 merupakan konferensi dan pameran yang menampilkan perkembangan terkini dan pemanfaatan teknologi kecerdasan artifisial di Indonesia.

Suara.com - Organisasi Riset Pengkajian dan Penerapan Teknologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama Kolaborasi Riset dan Inovasi Kecerdasan Artifisial (Korika) mengadakan Artificial Intelligence Innovation Summit (AIIS) 2021 secara virtual pada 10-13 November 2021.

"BRIN mendukung percepatan penguasaan AI (kecerdasan artifisial) untuk pemanfaatan di berbagai sektor strategis," kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dalam keterangan di Jakarta, Senin (25/10/2021).

Teknologi kecerdasan artifisial akan digunakan dalam mendukung sektor-sektor strategis seperti pertanian, efisiensi energi, keamanan siber dan industri kreatif.

AIIS 2021 merupakan kegiatan konferensi dan pameran yang menampilkan perkembangan terkini dan pemanfaatan teknologi kecerdasan artifisial (artificial intelligence) di Indonesia.

Baca Juga: Facebook Bantah Teknologi AI Buatannya Tak Mampu Lawan Ujaran Kebencian

AIIS 2021 juga menjadi ajang unjuk kemampuan komponen bangsa Indonesia pada masyarakat global dalam mengembangkan teknologi kecerdasan artifisial serta menunjukkan berbagai produk Inovasi di bidang kecerdasan artifisial di Indonesia.

Handoko menuturkan Indonesia telah memiliki Strategi Nasional (Stranas) Kecerdasan Artifisial 2020-2045 yang menjadi tonggak penerapan teknologi kecerdasan artifisal di Indonesia.

Stranas Kecerdasan Artifisial merupakan upaya Indonesia untuk lebih mengoptimalkan pemanfaatan teknologi terkini, khususnya kecerdasan artifisial, untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas di berbagai sektor.

Pada konferensi pers AIIS 2021 pada Senin (25/10), Ketua Umum KORIKA Hammam Riza mengatakan capaian penguasaan dan pemanfaatan teknologi kecerdasan artifisial akan ditampilkan dalam AIIS.

KORIKA sebagai amanah dari Stranas Kecerdasan Artifisial yang diluncurkan pada 10 Agustus 2020 yang menjadi salah satu pilar utama kebangkitan kecerdasan artifisial di Indonesia.

Baca Juga: Wamenkumham: Sulit Kategorikan Kecerdasan Artifisial sebagai Subjek Hukum

Oleh karena itu, KORIKA dapat membantu mewujudkan ekosistem kolaborasi percepatan penerapan kecerdasan artifisial menuju visi Indonesia 2045.

KORIKA merupakan organisasi yang berbentuk perkumpulan untuk mendorong terciptanya ekosistem untuk menumbuhkan inovasi di bidang kecerdasan artifisial.

Komentar