alexametrics

Urutan Lapisan Matahari dari Inti hingga Lapisan Terluar

Rifan Aditya
Urutan Lapisan Matahari dari Inti hingga Lapisan Terluar
Urutan Lapisan Matahari dari Inti hingga Lapisan Terluar

Matahari terdiri dari beberapa lapisan yang berbeda. Apa saja urutan lapisan matahari dari inti hingga lapisan terluar?

Suara.com - Sama seperti planet kita, dan sebagian besar benda langit lainnya, Matahari terdiri dari beberapa lapisan yang berbeda. Apa saja urutan lapisan matahari dari inti hingga lapisan terluar?

Perbedaan mendasar adalah bahwa Matahari tidak padat, tidak seperti Bumi, sehingga lapisannya sedikit lebih sulit untuk ditentukan. Karena Matahari sebagian besar terdiri dari helium dan hidrogen dan tidak padat, ia tidak memiliki batas luar yang jelas.

Namun, kita dapat menentukan struktur internal Matahari, dan terdiri dari tujuh lapisan yang berbeda. Lapisan Matahari dibagi menjadi dua kelompok besar, lapisan luar matahari dan lapisan dalam matahari. Berikut ini urutan lapisan matahari dari inti hingga lapisan terluar.

Lapisan dalam matahari adalah inti matahari, zona radiasi, dan zona konveksi. Sedangkan lapisan terluar matahari adalah korona, daerah transisi, kromosfer, dan fotosfer.

Baca Juga: Paparan Sinar Matahari Baik untuk Suasana Hati, Ini Analisis Para Ahli

Yuk, kenali lebih lanjut mengenai urutan lapisan matahari dari inti hingga lapisan terluar, dilansir dari NASA. 

Lapisan Luar Matahari 

1. Korona

Ada empat lapisan luar Matahari, dan Korona adalah yang terluar. Itu dimulai sekitar 1.300 mil di atas fotosfer, dan suhunya diukur sekitar 900.000 derajat Fahrenheit. Tidak mungkin melihat Corona dengan mata telanjang, tetapi ada pengecualian. Kita bisa melihatnya saat gerhana matahari, atau dengan menggunakan alat khusus yang disebut coronagraph. Corona tidak ada batasnya.

2. Daerah Transisi Matahari 

Baca Juga: Suar Matahari Besar Ancam Bumi Akhir Pekan Ini, Berpotensi Ganggu Satelit

Diikuti oleh daerah Transisi, yang merupakan lapisan yang sangat sempit yang memisahkan Kromosfer dari Korona. Lebarnya hanya 60 mil, yang sangat kecil untuk lapisan pada tubuh sebesar Matahari. Lapisan ini menandai tempat di mana suhu naik sangat tinggi karena lapisan Corona jauh lebih panas daripada Chromosphere.

Komentar