alexametrics

Zoom Hapus Aplikasi untuk Pengguna Chromebook

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Zoom Hapus Aplikasi untuk Pengguna Chromebook
Aplikasi Zoom. [Shutterstock]

Pengguna Chromebook tidak bisa menggunakan aplikasi Zoom di perangkatnya.

Suara.com - Platform video conference, Zoom, dilaporkan telah menghentikan dukungan untuk aplikasi di ChromeOS. Dengan begitu, pengguna Chromebook tidak bisa menggunakan aplikasi Zoom di perangkatnya.

Sesuai laporan NDTV, Selasa (23/11/2021), aplikasi Zoom juga sudah dihapus dari toko web Chrome dan hanya bisa diakses melalui link yang diberikan.

Sebagai pengganti, pengguna Chromebook hanya bisa mengakses Zoom Progressive Web App (PWA) yang dikenalkan pada Juni lalu. Platform ini berbeda dengan aplikasi Zoom biasa, di mana ia lebih berbasis ke website.

Zoom mengklaim PWA ini lebih cepat dan fungsional ketimbang aplikasi biasa karena menggunakan memori lebih rendah. Artinya, PWA lebih cocok dipakai untuk perangkat berbasis cloud.

Baca Juga: Gandeng Zoom Hadirkan CloudX Meeting 2.0, Kerja Virtual Makin Produktif

Untuk pengguna Windows atau Mac, Zoom PWA ini menawarkan fitur seperti tampilan kotak-kotak yang disesuaikan, ruang kerja kelompok personal, transkripsi otomatis, terjemahan otomatis, background yang bisa disembunyikan, raise hand, hingga reaksi.

Pengguna Chrome OS bisa mengunduh Zoom PWA langsung dari browser atau Google Play. Sayang, Zoom PWA ini hanya memiliki rating 3.5 di Google Play karena dinilai memiliki banyak kekurangan.

Dalam daftar review pengguna, Zoom PWA tidak mampu menampilkan tampilan kotak-kotak galeri untuk sebagian besar Chromebook, mikrofon bermasalah, hingga akun yang keluar sendiri dari aplikasi.

Komentar