facebook

Gojek Siap Perluas Layanan GoSend Instant ke Negara Asia Tenggara

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Gojek Siap Perluas Layanan GoSend Instant ke Negara Asia Tenggara
Gojek mengatakan akan memperluas layanan Gosend Instant ke negara-negara lain di Asia Tenggara. Foto: Seorang mitra Gojek sedang memanggul kardus. [Antara]

Sejauh ini Gojek memang sudah beroperasi di Indonesia, Vietnam, dan Singapura.

Suara.com - Gojek berencana memperluas layanan pengiriman logistik GoSend ke negara di Asia Tenggara mulai tahun 2022. Adapun layanan yang dimaksd adalah GoSend Instant, yang sebelumnya telah muncul di Vietnam.

"Setelah Vietnam, GoSend telah siap melebarkan sayap go international dan menghadirkan GoSend Instant di negara lain di Asia Tenggara," kata Marsela Renata, Head of Marketing Logistic Gojek dalam konferensi pers virtual, Jumat (28/1/2022).

Sayang Marsela tidak menjelaskan secara rinci negara Asia Tenggara mana saja yang dimaksud. Sejauh ini Gojek memang sudah beroperasi di Indonesia, Vietnam, dan Singapura.

Gojek juga pernah merambah ke Thailand pada 2018 lalu. Namun per 2021, bisnis Gojek dicaplok AirAsia dan tak lagi beroperasi di sana.

Baca Juga: Gojek: Pengguna Layanan GoSend Naik 116% Selama 2021

Sementara untuk pasar dalam negeri, layanan GoSend Sameday sudah muncul di beberapa wilayah seperti Jadetabek, Bandung, dan Surabaya.

Ada pula layanan pengiriman antar kota lewat GoSend Intercity yang muncul di Jadetabek, Bandung, Jogjakarta, Solo, Malang, Sidoarjo, dan Semarang.

"GoSend akan mengaspal kembali dengan kedua layanan tersebut di wilayah pulau Jawa," jelas Marsela.

Di sisi lain, Direktur Center for Policy and Public Management Sekolah Bisnis dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB), Yudo Anggoro, mengungkapkan, pandemi Covid-19 telah meningkatkan perilaku belanja online dan permintaan masyarakat terhadap layanan pengiriman barang.

Hal ini kemudian berdampak pada pertumbuhan eksponensial pengiriman first mile-last mile, tuntutan akan teknologi pelacakan barang yang real time, dan jaminan keamanan barang yang dapat dipercaya.

Baca Juga: Gojek Siapkan Motor Listrik ke Mitra Driver GoSend

"Di sinilah kami melihat GoSend telah hadir menjawab pergeseran kebutuhan serta tuntutan masyarakat tersebut melalui inovasi layanannya. Hasilnya, GoSend menjadi pilihan top of mind bagi banyak orang untuk mengirimkan barang secara aman, cepat, dan ekonomis," ujarnya.

Yudo menambahkan, ke depannya aspek kecepatan dan keandalan pengiriman akan makin menjadi prioritas pengguna layanan dan pelaku usaha online.

“Melalui berbagai inovasinya yang akan hadir di tahun 2022, saya menilai bahwa GoSend siap menjawab tren layanan logistik online di masa depan dan makin memperkuat posisinya sebagai layanan pengiriman yang dipercaya masyarakat,” jelas Yudo.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar