Google Rilis News Equity Fund, Program Bantuan ke Media Kecil dan Menengah

Dythia Novianty | Dicky Prastya
Google Rilis News Equity Fund, Program Bantuan ke Media Kecil dan Menengah
Logo Google. [Shutterstock]

Google mengumumkan program baru yang disebut News Equity Fund atau Dana untuk Pemberitaan yang Setara.

Suara.com - Google mengumumkan program baru yang disebut News Equity Fund atau Dana untuk Pemberitaan yang Setara.

Ini adalah upaya Google untuk menyediakan dukungan finansial dan kesempatan bagi organisasi-organisasi berita yang fokus utamanya melayani komunitas yang kurang terwakili, termasuk untuk media di Indonesia.

"Tujuan kami adalah untuk mendukung inklusi, memberdayakan ekosistem berita yang majemuk, dan secara khusus mendukung penerbit berskala kecil dan menengah, dalam menerbitkan konten jurnalisme orisinal untuk audiens yang kurang terwakili di seluruh dunia," kata Google Indonesia dalam keterangannya, Senin (11/7/2022).

News Equity Fund ini terbuka bagi ruang redaksi independen yang mempekerjakan antara 1-50 jurnalis penuh waktu atau karyawan tetap.

Baca Juga: Kenalan dengan Bard, Jawaban Google Saingi ChatGPT

Pendaftar yang memenuhi syarat dapat berbentuk organisasi berita tradisional laba (for-profit) maupun nirlaba (non-profit), digital native, buletin, podcast, stasiun radio dan/atau TV, dan asosiasi pers yang anggotanya mencakup kelompok kurang terwakili.

Para media ini setidaknya harus memiliki konten yang dapat diverifikasi, misalnya dalam bentuk situs web. Mereka juga dipastikan telah beroperasi penuh selama setidaknya 12 bulan.

Ilustrasi media sosial
Ilustrasi media. [Shutterstock]

Nah, media itu akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran online dengan informasi yang relevan seputar publikasi dan organisasi.

Mereka juga akan diberi penjelasan terkait bagaimana organisasi berita akan memanfaatkan pendanaan dari Google.

"Dengan mengirimkan aplikasi, organisasi berita terkait artinya telah menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan dari News Equity Fund," sambung Google Indonesia.

Baca Juga: Octopus Indonesia bergabung dalam program Google for Startups Circular Economy Accelerator

Pendaftaran ini bisa dikirim hingga Jumat, 22 Juli 2022 pukul 13.59 WIB.