Mungkinkah Tubuh Kita Kebal Covid-19?

Rinaldi Aban | BBC

Saat terinfeksi virus baru yang belum dikenal, tubuh membutuhkan lebih banyak waktu untuk memproduksi antibodi spesifik.

Suara.com - Bisakah kita menjadi kebal virus corona? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus tahu cara kerja sistem kekebalan tubuh.

Saat terinfeksi virus, tubuh akan melepaskan sel darah putih dan memproduksi antibodi spesifik yang akan mengatasi virus tersebut. Selain itu, tubuh juga akan mengeluarkan Sel T yang bisa mengenali sel yang terinfeksi dan membunuh virus di dalamnya.

Namun, saat terinfeksi virus baru yang belum dikenal, tubuh membutuhkan lebih banyak waktu untuk memproduksi antibodi spesifik. Saat antibodi tersebut sudah bisa diproduksi, saat virus kembali datang, tubuh siap beraksi menaklukkan virus.

Di sisi lain, terdapat virus yang mudah dikenali tubuh seperti cacar sehingga antibodinya cepat diproduksi, namun ada juga virus yang mudah dilupakan seperti virus flu. Imbasnya, saat virus flu kembali menyerang dan antibodi belum diproduksi, Anda bisa jatuh sakit.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS