Alexa

Kenapa Jangan Bawa Ponsel ke Kamar Mandi, Ini Alasannya

Dythia Novianty
Ilustrasi gunakan ponsel di kamar mandi. [Shutterstock]
Ilustrasi gunakan ponsel di kamar mandi. [Shutterstock]

Kamar mandi menjadi satu tempat yang dianjurkan tidak membawa ponsel.

Suara.com - Perkembangan teknologi dan tingginya mobilitas masyarakat, membuat seseorang kerap membawa smartphone mereka kemana-mana, kamar mandi menjadi salah satunya.

Orang-orang tersebut terkesan sibuk dan multitasking. Tapi mereka melupakan hal yang paling peting, yakni mempertaruhkan kesehatannya.

"Ada partikel air dan udara yang mengendap di lipatan kecil dari telepon. Begitu juga dengan pelindung ponsel dengan casing yang terbuat dari karet. Semua itu merupakan tempat penampungan yang hangat dan nyaman bagi bakteri," ujar Dr Anchita Karmakar kepada SBS dikutip dari Daiy Mail.

Menurut WedMD, bakteri tersebut meliputi salmonella, E.coli, shigella dan campylobacter. Semua itu dapat menimbulkan berbagai risiko penyakit. Anda juga akan berisiko terserang virus seperti gastro dan Staph, yang dapat dengan mudah menular dari permukaan padat seperti telepon.

Dr Karmakar menyarankan untuk tidak membawa ponsel ke kamar mandi, terutama yang milik umum.

"Bahkan, jika Anda tidak menggunakan ponsel di toilet, Anda masih memegang sementara akan masuk dan keluar dari kamar mandi. Dan itu sudah cukup untuk menempatkan bakteri di telepon ketika Anda belum mencuci tangan," jelasnya.

Mengingat bahwa banyak orang juga menggunakan ponsel mereka saat makan, dan bahwa banyak infeksi dapat ditularkan melalui mulut, ini juga meningkatkan faktor risiko sakit dari bakteri di ponsel Anda.

Untuk itu, perlu melakukan desinfektan ponsel Anda secara teratur, terutama jika telah menggunakannya di kamar mandi. Semprotkan pada layar sentuh, dan pelindung layar.

Topik Pilihan