alexametrics

Mensos Terima Bantuan Rp 1,6 M dari Krakatau Karya Abadi untuk Masyarakat

Fabiola Febrinastri
Mensos Terima Bantuan Rp 1,6 M dari Krakatau Karya Abadi untuk Masyarakat
Mensos, Tri Rismaharini saat memberikan bantuan. (Dok : Kemensos)

Pembangunan kesejahteraan sosial tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah.

Suara.com - PT. Krakatau Karya Abadi memberikan donasi bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 sebesar Rp 1,6 miliar dalam bentuk masker sebanyak 96.000 lembar dan 17. 400 botol hand sanitizer. Donasi ini akan segera disebarkan oleh Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini 

"Saya ucapkan terima kasih kepada PT. Krakatau Karya Abadi. Kami akan segera menyalurkan bantuan ini untuk masyarakat yang membutuhkan," katanya, di Surabaya, Jatim, dalam acara seremoni penyerahan donasi, Sabtu (13/2/2021).

Ia mengatakan, pembangunan kesejahteraan sosial tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah. Dunia usaha dan masyarakat luas bisa berkontribusi sesuai peran dan kapasitasnya sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawabnya.

"Saya mengapresiasi langkah PT. Krakatau Karya Abadi, karena dengan donasi ini menunjukkan kepedulian dan perasaan terpanggil mereka untuk memutus rantai pandemi, " kata Risma.

Baca Juga: Kemensos Serahkan Santunan kepada Ahli Waris Korban Longsor di Kebumen

Ia berharap, langkah PT Krakatau menjadi inspirasi dan motivasi bagi dunia usaha dan masyarakat lainnya untuk bersama-sama pemerintah berkontribusi dalam memutus rantai pandemi.

Risma melihat adanya kesesuaian antara tugas Kemensos dalam penanganan bantuan sosial bagi masyarakat terdampak pandemi dengan lini bisnis PT Krakatau. Perusahaan yang bergerak dengan nama Aplikasi Super ini mengembangkan usaha distribusi sembako secara daring.

Hal ini baru diketahui Risma dan membuatnya terkejut. Ia menantang Aplikasi Super untuk meningkatkan kontribusinya kepada negara. Aplikasi penyalur sembako dan barang kebutuhan pokok "Super" ini dimintanya untuk menyediakan sembako murah bagi masyarakat di Indonesia Timur.

"Saya kaget, ternyata ada usaha yang luar biasa dalam penyediaan sembako di Jawa Timur yang dikelola anak muda. Saya tantang Anda untuk memperluas usaha Anda bagi masyarakat Indonesia Timur, " kata Risma.

"Saya tahunya bahwa hari ini akan menerima donasi dari Aplikasi Super, ternyata ada yang lain dan membuat saya kaget, karena mereka menjadi penyedia sembako dengan harga yang relatif murah. Ini sangat nyambung dengan apa yang saya pikirkan," lanjut Risma.

Baca Juga: Kunjungi Korban Banjir di Pantai Utara Jateng, Kemensos Bawa Bantuan

Saat ini menurut Risma, ia tengah memikirkan bagaimana bisa menyediakan sembako murah di Indonesia Timur. Jika sembako bisa murah atau sama dengan harga di provinsi lain, maka ada uang lebih yang bisa digunakan masyarakat untuk hal yang lain, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan.

Komentar