Badai Bikin Surat Terbuka, Larang Kerispatih dan Sammy Simorangkir Bawakan Lagunya

Yazir Farouk | Shevinna Putti Anggraeni
Badai Bikin Surat Terbuka, Larang Kerispatih dan Sammy Simorangkir Bawakan Lagunya
Badai

Badai melarang Kerispatih dan Sammy Simorangkir untuk membawakan lagunya dalam konsep reunian atau kolaborasi.

Suara.com - Doadibadai Hollo atau Badai eks Kerispatih mengeluarkan pernyataan terbuka berkaitan dengan karya ciptanya.

Badai sebagai pencipta lagu-lagu Kerispatih telah melarang karya ciptanya untuk dibawakan di atas panggung dalam bentuk reunion, featuring atau kolaborasi oleh Kerispatih dan Sammy Simorangkir.

"Per tanggal 28 Oktober 2022, Saya tidak memberi izin atau melarang karya-karya saya dibawakan di atas panggung oleh Kerispatih dan Sammy Simorangkir dalam bentuk konsep Reunion, Featuring atau Kolaborasi, tanpa izin dan kesepakatan profesional terhadap saya sebagai Pemilik Lagu," pernyataan terbuka Badai yang diunggah di Instagram, Jumat (28/10/2022).

Sebelumnya, Badai menjelaskan bahwa dirinya memang sudah memberikan izin kepada Kerispatih membawakan beberapa lagunya untuk kebutuhan off air.

Baca Juga: Gelombang PHK Belum Usai, Kini Perusahaan Komputer Dell Berhentikan 6.650 Kayawan

Tetapi, Badai menegaskan bahwa dia hanya memberikan izin untuk Kerispatih sebagai band tunggal dan hanya untuk 20 lagu.

Sammy Simorangkir dan Badai kembali bereuni dengan Kerispatih dan akan menggelar konser bertajuk "Tak Lekang oleh Waktu". (Ismail/Suara.com)
Sammy Simorangkir dan Badai kembali bereuni dengan Kerispatih dan akan menggelar konser bertajuk "Tak Lekang oleh Waktu". (Ismail/Suara.com)

"Pada tanggal 4 juli 2022, saya bersama kerispatih sudah melakukan tanda tangan kontrak perjanjian kerjasama pemakaian karya cipta. Kontrak ini hanya untuk kebutuhaan off air kerispatih sebagai band tunggal. Dalam artian, tidak dengan melakukan kolaborasi," katanya.

Bahkan, mereka juga membuat suatu kesepakatan yang tertuang dalam surat perjanjian tersebut. Kesepakatan itu berkaitan dengan pemakaian lagu untuk kolaborasi.

"Tapi di dalam surat perjanjian kerjasama ini ada satu pasal atau kesepakatan yang berbunyi khusus untuk kolaborasi reunian, Kerispatih dengan Badai dan dengan Sammy Simorangkir. Maka segala sesuatu yang berhubungan dengan deal menjadi urusan masing-masing manajemen," ujarnya.

Ia juga memperingatkan semua penyelenggaran event yang ingin menggunakan lagunya untuk konsep reunian Kerispatih atau kolaborasi harus mengajukan izin terlebih dahulu.

Baca Juga: "Badai PHK" Pelatih Klub Liga 1 Indonesia, Kini Sisa 2 Pelatih Lokal

Bila peringatan Badai ini dilanggar, dia tak segan membawa ke jalur hukum.